Upaya memerangi virus COVID-19 terus dilakukan pemerintah, salah satunya dengan melakukan vaksinasi COVID-19. BPJS Kesehatan memiliki peran penting dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, salah satunya dengan adanya aplikasi P-Care Vaksinasi BPJS Kesehatan. 

Penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi BPJS Kesehatan menjadi alat untuk memudahkan vaksinastor dalam pemberian vaksin terhadap masyarakat sasaran.

Untuk diketahui bahwa aplikasi P-Care Vaksinasi adalah bagian terintegrasi dari Sistem Satu Data Vaksinasi COVID-19 yang mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan. 

Data hasil input P-Care Vaksinasi akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Madiun Henri Army Iriawan menyampaikan bahwa koordinasi dengan pemangku kepentingan terus dilakukan untuk memastikan implementasi P-Care Vaksinasi COVID-19 dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi aplikasi P-Care Vaksinasi kepada Dinas Kesehatan dan fasilitas kesehatan. 

Penyediaan aplikasi P-Care Vaksinasi Dinas Kesehatan dan aplikasi P-Care Vaksinasi Fasilitas Kesehatan inilah yang digunakan sebagai aplikasi pencatatan pelayanan vaksinasi COVID-19 oleh tim Dinas Kesehatan maupun Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan.

"Harapannya pelaksanaan vaksinasi di wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Madiun dapat berjalan dengan lancar dan semua masyarakat secara keseluruhan bisa mendapatkan vaksin. Sehingga tujuan dari vaksinasi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dapat kita wujudkan bersama. Dan di sini, bentuk BPJS Kesehatan dalam memberikan dukungan adalah dengan menyediakan aplikasi P-Care tersebut," tutup Henri. (adv/ar/tk)
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021