Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Timur, menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) renang perairan terbuka (open water swimming/OWS) di Pasir Putih Water Sport Desa/ Kecamatan Bungatan Situbondo, Minggu.

Ketua Pengprov PRSI Jatim, Reswanda mengungkapkan animo atlet sangat tinggi untuk mengikuti Kejurda renang OWS. Tapi karena pertimbangan pandemi COVID-19 termasuk keselamatan atlet, maka panitia membatasi peserta, hanya ada 85 peserta.

"Meski kasus COVID-19 sudah melandai, tapi kami harus membatasi jumlah peserta. Kami juga membatasi usia. Yang boleh ikut usia di atas 12 tahun, dan tidak pernah tercatat sebagai atlet PON," kata Reswanda.

Ia mengemukakan, Kejurda renang OWS ini merupakan pertama kali digelar di Jatim, bahkan di seluruh Indonesia. Selain untuk pembibitan atlet juga sebagai bentuk apresiasi KONI dan PRSI Jatim atas prestasi OWS Jatim pada ajang PON XX Papua.

"Renang OWS Jatim berhasil menjadi juara umum dengan empat medali emas dan dua perak dari 6 nomor event yang di pertandingkan," katanya.
 
Atlet renang melakukan persiapan Kejurda renang OWS di Pasir Putih Water Sport Situbondo. Minggu (21/11/2021) (ANTARA/Novi H)

Menurut Reswanda, Kejurda renang ini dalam rangka percobaan atau persiapan Porprov Jatim Ke-VII yang akan digelar di Pasir Putih Water Sport. Sehingga atlet sudah punya pengalaman sebelum berlaga di ajang porprov yang rencananya akan dihelat pada pertengahan 2022.

"Renang OWS juga akan dipertandingkan di ajang porprov dan tempatnya juga di sini. Diharapkan para atlet punya pengalaman dan panitia lebih siap, termasuk tuan rumah juga," tuturnya.

Reswanda menambahkan, karena masih pertama kali dilaksanakan kejuaran renang OWS ini, nomor yang dipertandingkan yaitu 1000-2000 meter. Berbeda dengan PON XX Papua yang mempertandingkan nomor 10 ribu meter, 5 ribu meter, dan 3 ribu meter.

"Kami (Jatim) kan masih pemula, jadi kami batasi 1000-2000 meter dulu yang dipertandingkan dalam kejuaraan daerah renang OWS," katanya.

Puluhan atlet renang OWS tersebut berasal dari kabupaten/kota di Jatim, di antaranya Nganjuk, Surabaya, Ponorogo, Sidoarjo, Bangkalan, Gersik, Lumajang, dan Situbondo. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021