Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur, Mirza Mutaqin apada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim pada pertengahan 2022, akan mengeluarkan cabang olahraga selam nomor laut.

"Porprov Jatim 2022 pada nomor laut akan menjadi event pertama kali di Jawa Timur. Karena pada ajang porprov sebelumnya hanya finswiming nomor kolam," kata Mirza di acara Kejurda nomor selam laut di Pantai Pasir Putih Situbondo, Sabtu.

Menurut ia, Jawa Timur memiliki atlet selam potensial dan terbukti pada gelaran PON XX Papua 2021 cabang olahraga selam menjadi juara grup, termasuk saat PON di Jawa Barat.
Atlet selam berlomba dalam Kejuaraan Daerah nomor selam laut di Pantai Pasir Putih Situbondo. Sabtu (13/11/2021) (ANTARA/Novi H)


Kata Mirza, pada ajang PON XX Papua 2021 cabang olahraga selam memperoleh 12 medali dan menjadi juara umum. Sedangkan pada PON di Jawa Barat memperoleh dapat 11 medali dan menjadi juara umum.

Ia juga memuji arena pertandingan (venue) selam laut di Pantai Pasir Putih Situbondo. Menurut Mirza, Pantai Pasir Putih Situbondo sangat potensial untuk arena selam, baik regional, bahkan juga kelas dunia.

"Di Pantai Pasir Putih ini potensial untuk dijadikan arena pertandingan selam laut. Tidak semua wilayah di Jawa Timur yang sudah punya arena pertandingan selam yang sudah tertata. Semoga Pasir Putih terus menjadi primadona olahraga air di Jawa Timur," tuturnya.
Atlet selam berlomba dalam Kejuaraan Daerah nomor selam laut di Pantai Pasir Putih Situbondo. Sabtu (13/11/2021) (ANTARA/Novi H)


Sekitar 300 atlet selam mengikuti Kejuaraan Daerah selam nomor laut orientasi bawah air (OBA) yang digelar Persatuan Olahraga Selam seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur, di Pantai Pasir Putih, Situbondo, selama dua hari, 13-14 November 2021.

Ajang Kejurda selam nomor laut ini salah satu tujuan utamanya adalah regenerasi atlet Jatim menghadapi PON 2025 dan sekaligus tes event kesiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim pada pertengahan 2022 di Situbondo. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021