Pemerintah terus berupaya menggencarkan berbagai kebijakan dan terobosan dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan penguatan daya beli masyarakat melalui penguatan perlindungan sosial dan dukungan terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

BRI ikut mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan melakukan trobosan-terobosan baru terutama dalam membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha. 

Salah satunya, BRI Regional Surabaya bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS)  dalam rangka melegalkan bukti kepemilikan masyarakat yang belum bersertifikat menjadi sertifikat melalui program BPN yaitu PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan di Surabaya pada Kamis (12/10) yang  diwakili Triswahyu Herlina selaku CEO BRI Regional Office Surabaya dan Jonahar selaku Kepala BPN Kantor Wilayah Jatim.

"Kami menyambut baik kerja sama ini dan harapannya PTSL bisa dipergunakan oleh masyarakat untuk pengajuan kredit di Bank sehingga modal kerjanya bisa bertambah dan usaha semakin berkembang," kata Herlina.

PTSL sendiri merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

Salah satu isi Perjanjian Kerja sama (PKS) ini, BRI siap mendukung percepatan program PTSL pemerintah dimana agunan-agunan kredit yang ada di BRI dan masih belum bersertifikat akan dilakukan akselerasi peningkatan bukti kepemilikan menjadi sertifikat melalui program PTSL. 

"Alhamdulillah, pada Tanggal 19 Oktober 2021, BPN Surabaya 1 telah melaksanakan Penyerahan Sertifikat PTSL untuk 209 sertifikat yang menjadi agunan di BRI dimana sebelumnya sertifikat tersebut masih berupa petok D ataupun letter C. Penyerahan sertifikat tersebut disaksikan langsung oleh pemegang hak sertifikat tersebut sekaligus selaku debitur BRI” ucap Herlina.

Ia menambahkan, melalui kerja sama ini, sinergi BRI Regional Office Surabaya dan BPN Kanwil Jawa Timur dapat terus terjalin lebih baik lagi demi mendukung program pemerintah khususnya dalam upaya untuk mengembalikan perekonomian negara dan daya beli masyarakat pasca COVID-19.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021