Alumni Program Studi Ekonomi IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Novi Ismawati menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) karena dedikasinya sebagai penggerak ekonomi kreatif di kota pendidikan itu.

Dalam siaran pers yang diterima di Malang, Minggu, Novi Ismiati mengaku penghargaan yang diberikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno sebagai hal yang luar biasa.

"Sebab, Avi Collection yang menjadi 'brand' kami masuk dalam usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner an lolos seleksi Kemenparekraf.  Alhamdulillah, dari 17.500 pendaftar seluruh Indonesia, kami menjadi salah satu dari 800 pendaftar yang lolos," kata Novi.

Selain bergerak di bidang jasa kuliner, Avi Collection juga memberikan pelayanan beberapa bidang usaha, seperti souvenir, usaha percetakan dan usaha konveksi.

Novi menceritakan nama Avi Collection merupakan gabungan namanya dengan suami, yakni Agung Cahyono, yang juga alumni IKIP Budi Utomo Prodi PJOK lulusan tahun 2012 silam. Aguing Cahyono juga  mantan Presiden BEM IKIP Budi Utomo.

Avi gabungan nama dari Agung dan Novi. "Itu usaha kami berdua, di dalamnya ada beberapa item yang kami jual. Dari usaha souvenir, kuliner, usaha percetakan, dan konveksi," katanya.

Novi mengaku Avi Collection berdiri tahun 2014, dan saat ini bekerja sama dengan beberapa instansi, perbankan dan sekolah.

"Pada tahun 2018 dan 2019, usaha kami diberi kepercayaan untuk memberikan pelatihan pembekalan kelas 12 (kelas 3 SMA) dengan tema 'Yang Muda yang Berwirausaha dengan tujuan mencetak enterpreneur muda," ujarnya.

Pelamar Kemenparekraf wajib memiliki NIB (Nomer Induk Berusaha ) atau IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil ) yang terdaftar dalam OSS  (Online Single Submission ), perusahaan perizinan berusaha terintegrasi secara electronik.

Sementara itu, Rektor IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Dr Nurcholish Sunuyeko mengapresiasi raihan penghargaan yang diberikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno kepada Avi Collection, usaha milik alumni IBU Malang Program Studi (Prodi) Ekonomi Tahun Lulus 2012.

"Selamat dan sukses kepada Novi Ismawati yang telah berhasil mendapat penghargaan sebagai salah satu penggerak ekonomi kreatif di Malang," ucapnya.

Menurut Nurcholish, Novi merupakan salah satu perintis UKM kewirausahaan IBU di tahun 2009. "Novi ini pengalaman berorganisasi di mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan (UKM KWU), dan pernah menjadi Presiden BEM IKIP Budi Utomo," ujar doktor sosiologi itu. (*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021