Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru tahun 2021-2022 melalui film Korea yang sedang populer saat ini di Netflix yakni Squid Game.

Ketua pelaksana Pengukuhan mahasiswa baru UMSurabaya tahun 2021-2022 Agus Budiman di Surabaya, Senin mengatakan mahasiswa baru secara daring dan luring diajak menonton bersama sudut-sudut penting kampus seperti halnya film Squid Game.

"Film tersebut menceritakan tentang mahasiswa baru yang harus berjuang untuk menuju perhelatan pengukuhan mahasiswa baru. Diceritakan ratusan mahasiswa baru menerima undangan aneh untuk bertanding dalam permainan anak-anak, dan hanya ada dua mahasiswa yang gigih dan mampu menyelesaikannya" ujar Agus.

Agus mengemukakan bahwa produksi pembuatan film tersebut menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Para pemain harus dipastikan sudah menerima vaksin dua kali dan menjalani swab sebelum produksi. Sesi breafing-pun harus menggunakan masker dan jaga jarak.

"Selain menampilkan film kreatif, mahasiswa baru juga diajak melakukan aksi kolektif menulis surat digital untuk Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Sebanyak 2.058 mahasiswa baru mengirimkan surat digital yang dibuat melalui sistem kemudian diposting dalam media sosial masing-masing. Hal tersebut dilakukan sebagai harapan dan optimisme untuk Indonesia maju.

Rektor UMSurabaya Sukadiono menjelaskan bahwa acara pengenalan lingkungan kampus yang disebut MOX (Mastama, Ordik dan Expo UKM) puncaknya diselenggarakan pada 4 Oktober 2021 ini.

Ditegaskannya acara sudah berjalan, bebas dari perploncoan dan mengedepankan kreatifitas hingga belajar mandiri melalui metode sinkronus dan asinkronus, serta melalui berbagai macam agenda yang kreatif serta proyek sosial.

"Alhamdulillah acara berjalan lancar, 2.058 mahasiswa baru mengikuti secara tertib dan lancar. Dengan digitalisasi semuanya jadi bisa terkontrol. Semoga ke depannya akan lahir generasi-generasi juara," ujar Sukadiono.

Selain itu, pada tahun ini UMSurabaya juga memberikan 10  beasiswa untuk atlet, 10 beasiswa tahfidz, empat program beasiswa fully funded kepada mahasiswa asing dan ada ratusan mahasiswa asing (Sudan, Amerika Serikat, Aljazair, Arab Saudi, Thailand dan lainnya) yang melakukan inbond transfer kredit.(*) 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021