Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kediri, Jawa Timur, memastikan pelaksanaan tes CASN (calon aparatur sipil negara) 2021 ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat karena masih pandemi COVID-19.

"Kami telah lakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan ujian SKD (seleksi kompetensi dasar), karena saat ini kita juga masih dalam situasi pandemi protokol kesehatan sudah pasti akan kami lakukan dengan sangat ketat," kata Kepala BKPPD Kota Kediri Un Ahmad Nurdin di Kediri, Sabtu.

Un juga menjelaskan sebelumnya pihaknya telah mengumumkan informasi kepada para peserta ujian SKD terkait persiapan yang harus mereka lakukan sebelum melaksanakan ujian. Peserta harus mencetak deklarasi sehat sesuai dengan yang telah tertera dalam SSCASN (Sistem Seleksi CPNS Nasional).

Deklarasi sehat tersebut dapat diunduh melalui portal sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi, paling lambat pada "H-1" sebelum ujian dan melakukan konfirmasi pada link https://tinyurl.com/casnkotakediri21.

"Disamping itu, para peserta juga diwajibkan untuk sudah divaksin minimal dosis pertama yang dibuktikan dengan sertifikat vaksin atau menunjukkan bukti unduh melalui https://pedulilindungi.id/ dan melakukan konfirmasi pada link https://tinyurl.com/casnkotakediri21," tutur dia.

Un juga menambahkan selain memenuhi persyaratan di atas, untuk memastikan kondisi peserta dalam keadaan sehat, diwajibkan untuk membawa surat bukti tes bebas COVID-19.

"Untuk tes swab PCR kurun waktu maksimal 2x24 jam, sedangkan untuk antigen 1x24 jam dengan hasil negatif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti seleksi CASN Tahun 2021 dan dilaporkan melalui link https://tinyurl.com/casnkotakediri21," kata dia.

Ia juga memberikan informasi bagi peserta tes warga Kota Kediri diberikan fasilitas gratis tes usap.

Di Kota Kediri, total peserta yang telah lolos administrasi dan mengikuti tes SKD ada total 3.031 peserta. Dari 3.031 peserta CASN tahun 2021, terdapat 69 merupakan PPPK nonguru, sehingga ada 2.962 CASN, namun 187 orang mengikuti tes di luar Kota Kediri.

Dengan itu, peserta yang melaksanakan tes di Convention Hall SLG Kabupaten Kediri tersebut ada 2.775 orang, yang terbagi dalam lima hari.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021