Kegiatan upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, digelar dengan sederhana serta dengan protokol kesehatan yang ketat, karena masih pandemi COVID-19.

Bupati Kediri Handindhito Himawan Pramana menyebutkan Hari Kemerdekaan RI ini bertemakan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. 

"Indonesia tangguh menghadapi pandemi dan bisa tumbuh kembali secara ekonomi," kata Mas Bup , sapaan akrab Handindhito Himawan Pramana,   di Kediri, Selasa. 

Ia juga menerangkan bahwa Kabupaten Kediri berupaya keras menekan penyebaran COVID-19.

"Meski Kabupaten Kediri sampai sekarang masih melawan COVID-19, tren COVID-19 sudah mulai turun. Sudah tidak ada lagi penumpukan pasien di rumah sakit, sudah tidak ada lagi pasien yang tidak mendapatkan bed dan sebagainya," ujar dia. 

Mas Bup, sapaan akrabnya berharap dengan Kemerdekaan RI ini mampu menumbuhkan semangat untuk kembali menumbuhkan ekonomi di Kabupaten Kediri.

"Perlu dipikirkan cara-cara salah satunya adalah dengan menggenjot UMKM. Ini nanti saya minta kepada Dinas Kopusmik untuk segera merealisasikan baik itu penanganan ekonomi ataupun bansos. Agar realisasi anggarannya bisa seratus persen," kata Mas Bup.

Kegiatan upacara tersebut digelar di Pendopo Panjalu Jayati, dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kediri. Inspektur upacara adalah Bupati Kediri Handindhito Himawan Pramana. Sedangkan, teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri. Untuk Sangsaka Merah Putih dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dengan jumlah personel yang terbatas dan protokol kesehatan yang ketat. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021