Ratusan warga secara bergelombang mendatangi Gedung Serbaguna di Kota Trenggalek, Jawa Timur, guna mengikuti kegiatan Serbuan Vaksinasi COVID-19 yang digelar TNI di bawah Komando Distrik Militer 0806/Trenggalek, Selasa.

Meski terlanjur antre sejak pagi, tidak semua bisa langsung mengikuti vaksinasi yang disediakan tim kesehatan yang telah bersiaga sejak awal, karena dosis vaksin yang disediakan pada hari pertama hanya diperuntukkan 500 orang yang telah mendaftar secara daring sehari sebelumnya.

"Proses vaksinasi ini kami buat bergiliran, sesuai jadwal yang ditentukan demi mencegah terjadinya kerumunan," kata Dandim 0806/Trenggalek Letkol Arh. Uun Samson dikonfirmasi di sela kegiatan.

Untuk warga yang datang dan baru mendaftar, petugas gabungan TNI-Polri serta tenaga kesehatan segera melakukan pendataan. Mereka dipisahkan dari kelompok warga yang sudah terdaftar dan masuk jadwal vaksinasi, untuk selanjutnya diminta datang lagi keesokan harinya untuk menerima injeksi vaksin yang telah disediakan.

"Warga yang menerima vaksin kali ini, yang sudah mendaftar sebelumnya. Sedangkan yang mendaftar pada hari ini, akan dijadwalkan pada hari berikutnya," terang Uun.

Pihaknya mendapat jatah alokasi 500-an dosis vaksin jenis Sinovac setiap harinya untuk diberikan kepada masyarakat.  

Pelaksanaan serbuan vaksinasi itu ditargetkan berlangsung terus-menerus dan berkelanjutan.

"Kami lihat antusiasme warga mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis kedua cukup tinggi. Hari ini kami menargetkan hingga selesai 500 orang yang tervaksin," kata perwira TNI ini.

Dijelaskan Uun, kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional ini dilaksanakan dalam rangka mendukung sekaligus menyukseskan program pemerintah mempercepat pemulihan kasus COVID–19, khususnya di Kabupaten Trenggalek.

"Pemberian vaksinasi COVID-19 semoga segera mengakhiri sebaran COVID-19 di Tanah Air, Khususnya Trenggalek,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 berjalan lancar. Warga yang datang pertama kali dilakukan observasi terlebih dahulu. Jika tidak ditemukan tanda-tanda kelainan perilaku maupun gejala lain, peserta akan disuntik vaksin COVID-19 produksi Sinovac Biofarm.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Trenggalek agar segera melakukan (menguti) vaksinasi. Jangan takut divaksin. Vaksin ini aman dan sangat diperlukan untuk membangun sistem kekebalan tubuh, kekebalan bersama," kata Letkol Uun..

"Masyarakat jangan takut divaksin. Ke depan Kodim 0806/Trenggalek akan terus bersinergi dengan segenap aparat pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk terus memberikan pelayanan serbuan vaksinasi, khususnya bagi masyarakat Trenggalek,” tandasnya Letkol Uun.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021