Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) kembali beraksi memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H dengan menggelar program #KITAberbagi2021 bertema "KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama" yang melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota yang tersebar di 82 kabupaten/kota. 

Komunitas yang berasal dari berbagai hobi, profesi, dan pekerjaan ini berhasil mengumpulkan hewan kurban sebanyak tujuh ekor sapi dan 670 ekor kambing. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan masyarakat dengan pola penyaluran tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Suharto selaku Bapak Komunitas Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Kamis, menyebutkan program bersama #KITAberbagi2021 yang berlangsung 20-22 Juli 2021 dan melibatkan berbagai komunitas besar, seperti Super Friends, Bold Riders, dan Heppiii Community ini merupakan bentuk komitmen untuk mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama.

Inisiatif yang dilakukan oleh ratusan komunitas ini juga menjadi bukti masih kuatnya jiwa tolong-menolong dan gotong-royong di antara sesama anak bangsa.

"Di tengah situasi yang sulit akibat pandemi virus COVID-19 saat ini, kami sangat bersyukur dengan kegiatan yang bisa merangkul ratusan komunitas Indonesia Timur. Kami berterima kasih kepada kawan-kawan komunitas beserta ribuan anggotanya yang memungkinkan kegiatan keren ini bisa berjalan lancar," kata Suharto.

Kegiatan tebar hewan kurban yang dilakukan Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak lima ekor sapi dan 202 ekor kambing. Lebih dari 5.000 paket daging kurban dibagikan kepada masyarakat di 42 daerah.

"Tahun ini antusiasme komunitas untuk ikut program Kolaborasi KITA 2021 sangat besar. Ini sesuatu yang luar biasa di tengah kondisi pandemi yang membuat ekonomi kita sulit. Kami salut sekali," imbuh Suharto.

Edward Rustanto, mewakili KITA, menyatakan kegiatan kurban yang melibatkan berbagai komunitas ini menjadi bukti bahwa kehadiran komunitas sangat positif. Tujuan utama kegiatan ini adalah menjadikan Hari Raya Idul Adha sebagai momentum untuk saling menguatkan dan membantu sesama masyarakat di Indonesia Timur.

"Kami senang dengan totalitas dan kontribusi seluruh komunitas beserta para anggotanya yang memungkinkan kegiatan ini dapat terlaksana. Kami juga berterima kasih kepada seluruh anggota Komunitas Indonesia Timur Area yang tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan COVID-19 selama kegiatan berlangsung," ujarnya.

Kegiatan Kolaborasi KITA 2021 ini semakin berarti setelah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori Pembagian Paket Daging Kurban oleh Komunitas Terbanyak.

Ini adalah penghargaan ketiga dari MURI bagi KITA, setelah penghargaan serupa untuk kategori Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua penghargaan MURI itu diperoleh tahun 2020 dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021