PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun memperpanjang layanan vaksinasi COVID-19 bagi calon penumpang yang akan naik kereta jarak jauh hingga 31 Juli 2021 sebagai upaya pencegahan penularan virus tersebut.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan layanan vaksinasi tersebut tersedia mulai 5 Juli 2021 sebagai tindak lanjut penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021.

"Selanjutnya layanan vaksinasi tersebut diperpanjang sampai dengan 31 Juli 2021," ujar Ixfan di Madiun, Rabu.

Menurut ia, layanan vaksin COVID-19 di Stasiun Besar Madiun itu dalam rangka mendukung program pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, khususnya pada sektor transportasi.

KAI telah melakukan sejumlah penyesuaian persyaratan bagi calon penumpang selama masa PPKM berlangsung, di antaranya wajib menyertakan kartu vaksin minimal vaksinasi COVID-19 dosis pertama khusus untuk perjalanan kereta jarak jauh di Pulau Jawa.

Layanan vaksin COVID-19 bagi calon penumpang keret jarak jauh di Stasiun Madiun tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Rumah Sakit Detasemen Kesehatan Tentara (DKT) Kota Madiun.

"Selama masa pemberlakuan PPKM darurat tanggal 3-20 Juli 2021, ada sebanyak 966 calon penumpang yang telah divaksin COVID-19 di Stasiun Madiun," katanya.

Ia menambahkan dengan layanan vaksinasi gratis bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan, KAI Daop 7 Madiun telah ikut menyukseskan program pemerintah untuk terbentuknya herd immunity demi mencegah penularan COVID-19.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021