Direktur RS Petrokimia Gresik, dr Candra Ferdian Handriyanto, M.Kes mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, terlebih mengingat kondisi pandemi saat ini.

Candra menilai, pola hidup dengan menjaga kesehatan, imunitas, olahraga teratur, serta mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang menjadi kunci agar seseorang terhindar dari segala penyakit, termasuk serangan COVID-19.

“Masyarakat mungkin jenuh dengan keadaan yang membatasi segala aktifitas kita. Namun untuk tetap menjaga kesehatan, masyarakat dihimbau agar selalu menjalani pola hidup sehat, mengingat saat ini sarana atau fasilitas kesehatan terbatas sehingga kita yang harus pro aktif menjaga kesehatan diri kita sendiri,” ujar Candra.

Selain menjaga pola hidup sehat, kata Candra, perlu kiranya juga memenuhi kebutuhan dasar atau kebutuhan primer setiap individu yaitu memiliki jaminan kesehatan.

Salah satu akses untuk memiliki layanan kesehatan adalah dengan mendaftarkan diri sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Saya rasa memiliki jaminan kesehatan semata-mata bukan hanya memenuhi kewajiban dari Pemerintah, melainkan sudah menjadi kebutuhan setiap masyarakat. JKN-KIS tentunya sebagai upaya antisipasi dini apabila terjadinya gejala penyakit setelah kita berupaya menerapkan pola hidup sehat,” terang Candra.

Dari sisi penyedia layanan kesehatan, Candra mengungkapkan bahwa telah banyak fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga masyarakat tidak perlu repot mengeluarkan biaya menjalani perawatan. Termasuk salah satunya rumah sakit yang dibawahinya yakni RS Petrokimia Gresik.

“Kerja sama kami dengan BPJS Kesehatan sudah dilakukan sejak tahun 2014, yakni sejak badan kesehatan milik pemerintah itu beralih dari PT. Askes ke BPJS Kesehatan. Kami berharap, dengan adanya kerja sama ini dapat terus mendukung program Pemerintah untuk menyukseskan jaminan kesehatan semesta, dan tentunya terus memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat,” imbuh Candra.

Candra lantas berharap masyarakat dapat menyadari betul pentingnya menjaga kesehatan dan memiliki benteng untuk kesehatannya yakni JKN-KIS agar terus tercipta kesejahteraan masyarakat dalam hal kesehatan. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021