Kementerian Sosial membantu sebanyak 250 unit tempat tidur untuk keperluan Rumah Sakit Lapangan Tembak di Kedung Cowek, Kota Surabaya, Jawa Timur, yang akan difungsikan sebagai tempat penanganan pasien COVID-19.  

"Kami berharap bisa segera mengoperasionalkan Rumah Sakit Lapangan Tembak itu karena sudah banyak yang antre," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyerahkan bantuan kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Dapur Umum Kemensos di halaman Gedung Convention Hall Jalan Arif Rahman Hakim, Surabaya, Senin.

Selain tempat tidur, bantuan Kemensos lainnya berupa 50 velbed, 2.500 baju alat pelindung diri (APD), 2.500 masker N95, 10 tenda, dan 60 ribu masker medis. 

Penyerahan bantuan itu dilakukan di sela Mensos Risma memimpin kegiatan masak di dapur umum Kemensos. Selain Surabaya, Risma juga menyerahkan bantuan kepada Kabupaten Gresik dan Sidoarjo.
 
Mensos Risma mengatakan Kemensos juga sudah menyerahkan bantuan ke Kediri dan Kabupaten Malang. Bantuan yang diberikan mulai dari masker medis hingga tempat tidur untuk penanganan COVID-19.
 
Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan makanan berupa nasi kotak dan telor rebus. Nasi kotak itu dikirim ke Gresik sebanyak 1.500 pak, Sidoarjo 1.500 pak, dan Surabaya 2.000 pak. 

"Kalau saya lihat di Jakarta, telor rebusnya itu untuk tenaga medis dan ternyata di rumah sakit telornya diserahkan ke pasien, kemudian nasinya untuk tenaga medis," kata Risma.
 
Mantan Wali Kota Surabaya ini juga memastikan bahwa dapur umum yang diletakkan di Surabaya itu akan terus beroperasi sampai COVID-19 mulai menurun.

Meski begitu, ia juga menjelaskan akan melihat perkembangan COVID-19 di tiga daerah itu. 
 
Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersyukur telah mendapatkan bantuan dari Kemensos dan juga mendoakan supaya bantuannya itu bisa menjadi amal jariyah. 

"Alhamdulillah hari ini dapat bantuan dari Bu Mensos, sehingga ini menjadi penyemangat baru di daerah. Dengan bantuan ini, kami semakin yakin bahwa kami bisa mengatasi pandemi COVID-19 ini secara bersama-sama di daerah kami masing-masing," katanya.
 
Ia juga menegaskan bahwa bantuan tempat tidur dan velbed dari Kemensos itu akan langsung dibawa ke Rumah Sakit Lapangan Tembak, sehingga ketika sudah ada pasien yang masuk bisa langsung nyaman untuk ditempati. 
 
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang menerima langsung bantuan dari Kemensos juga menyampaikan terima kasih banyak kepada Mensos Risma. Kabupaten Gresik mendapatkan bantuan 65 velbed, 10 tenda, 175 dus APD, dan 15 karton masker medis.
 
"Tentu, ini akan menjadi tambahan semangat bagi kami dalam menangani COVID-19, apalagi hari ini di Gresik ada kenaikan yang cukup tinggi," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021