Grab berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya menghadirkan pusat vaksinasi COVID-19 dengan menargetkan sebanyak 9.000 orang dan pekerja publik sektor transportasi yang mencakup mitra pengemudi dan pengantaran di Surabaya.

Perusahaan aplikasi Grab telah menjadi mitra swasta pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional dengan pendekatan teknologi sejak Februari 2021 dan telah membantu distribusi vaksin ke ratusan ribu masyarakat serta mitra pengemudi di lebih dari 53 kota/kabupaten hingga kini.

Mengutip siaran pers perusahaan aplikasi tersebut, Rabu, Grab Vaccine Center Surabaya berlokasi di Galaxy Mall Exhibition Center dan beroperasi pada 22 sampai 25 Juni 2021 untuk gelombang pertama vaksinasi. Grab menyediakan lokasi, tata laksana yang efisien dan tenaga kerja, serta mengelola alur komunikasi dengan calon penerima vaksin termasuk penggunaan teknologi untuk mendukung pengundangan peserta dari segmen mitra pengemudi dan pengantaran.

Vaksin disediakan oleh Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan akan disuntikkan oleh tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Husada Utama.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir meninjau Grab Vaccine Center di Surabaya menyampaikan bahwa pendirian pusat vaksinasi ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang memprioritaskan vaksinasi sebagai salah satu intervensi dalam menekan penyebaran COVID-19.

"Salah satu kunci kesuksesan tingginya capaian pelaksanaan vaksinasi adalah sinergi pemerintah pusat dan daerah, serta turut andilnya perusahaan swasta seperti Grab yang harus terus dilakukan," ucap gubernur.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga menyampaikan apresiasinya kepada Grab atas kontribusinya dalam program vaksinasi nasional.

"Vaksin merupakan strategi yang ampuh dalam melawan COVID-19 demi tercapainya kekebalan kelompok. Kami sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Grab dalam menghadirkan pusat vaksinasi yang dapat turut mempercepat pendistribusian vaksin di Surabaya," sebut Eri Cahyadi.

Director of East Indonesia Grab Halim Wijaya menyatakan pandemi ini mendorong peran kolaboratif dari sektor swasta dalam membantu pendistribusian vaksin kepada masyarakat.

"Grab Indonesia akan terus berkomitmen mendukung kesuksesan program vaksinasi agar tercipta herd immunity dan turut mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia," ujarnya. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021