PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) mengganti sebanyak 324 keping isolator pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Probolinggo-Lumajang, Jawa Timur, tepatnya di Desa Tegal Siwalan, tujuannya untuk memastikan pasokan listrik tetap handal.

General Manager PLN UIT JBM Suroso, di Surabaya, Senin, mengatakan penggantian dilakukan melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Probolinggo serta Unit Layanan Transmisi dan GI (ULTG) Probolinggo, karena isolator mengalami korosi atau kerusakan material akibat reaksi kimia lingkungan.

"Kegiatan telah kami lakukan dan dilaksanakan Tim Pemeliharaan Jaringan dan juga Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan bertujuan untuk memastikan jaringan transmisi terhindar dari gangguan akibat korosi yang terjadi pada isolator," tutur Suroso, dalam keterangan persnya.

Suroso mengatakan, isolator yang sudah mengalami korosi biasanya akan ada retak tipis, sehingga perlu langsung dilakukan penggantian.

"Pekerjaan tersebut, ada yang dilakukan secara padam, namun tak berdampak kepada pelanggan ada juga tanpa padam yang dilakukan oleh Tim PDKB," ujar Suroso.

Ia menjelaskan, adanya korosi pada isolator merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan dalam menyalurkan energi listrik, sehingga dapat mengurangi kenyamanan layanan kelistrikan kepada pelanggan.

Sementara itu, dalam proses melakukan kegiatan di lapangan seluruh tim dipastikan menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) karena pekerjaan tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi.

“Kami pun memastikan kepada seluruh petugas lapangan untuk tetap mengutamakan K3 dalam melakukan pekerjaan dan meminimalisir potensi-potensi bahaya. Selain itu pengawasan pekerjaan penting dilakukan agar dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai dengan SOP yang ada," kata Suroso

Ia menegaskan bahwa PLN selalu berkomitmen 24 jam memastikan aliran listrik terjaga kehandalannya sehingga layanan terbaik dapat dirasakan, oleh karena itu segala upaya akan dilakukan untuk memastikan jaringan listrik aman dari gangguan, karena untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan PLN.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021