Kota Kediri, Jawa Timur, memiliki artefak dan situs kuno yang menunjukkan ada relief dan lambang garuda, seperti arca Raja Airlangga mengendarai garuda, di depan Museum Airlangga, Kota Kediri, termasuk lambang burung garuda yang terdapat di empat sisi umpak situs Setono Gedong.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan bahwa lambang Garuda sangat erat berhubungan dengan sejarah Kediri.

"Kota Kediri memiliki artefak dan situs kuno yang menunjukkan ada relief dan lambang garuda. Seperti, arca Raja Airlangga yang mengendarai garuda di depan Museum Airlangga. Ada juga lambang burung garuda yang terdapat di empat sisi umpak situs Setono Gedong," katanya di Kediri, Minggu.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri Nur Muhyar mengemukakan bahwa lambang ataupun simbol-simbol dari kerajaan terdahulu tersebut yang memberikan inspirasi bagi lambang pemerintahan, khususnya di Kota dan Kabupaten Kediri.

"Pada masa kerajaan Sri Aryeswara digunakan lencana atau simbol Dewa Ganesha. Ini kemudian yang digunakan sebagai simbol Kabupaten Kediri. Untuk (lambang) Pemerintah Kota Kediri, simbol pemerintahannya merujuk pada Raja Airlangga, karena menyerupai Garuda," katanya.

Dwi Aris Setiawan, staf Sejarah dan Kepurbakalaan Disbudparpora Kota Kediri menambahkab Garuda memiliki sejarah yang panjang, khususnya di Tanah Air.

"Kerajaan Kahuripan memiliki lambang burung garuda, sebelum kerajaannya tersebut dibagi menjadi dua, Kediri dan Jenggala. Raja Airlangga sendiri dianggap sebagai titisan Batara Wisnu yang kendaraannya adalah Garuda Wisnu Kencana. Jadi jauh sebelumnya, lambang Garuda telah digunakan oleh Kerajaan Kahuripan," kata Dwi Aris.

1 Juni ditetapkan sebagai Peringatan Hari Lahir Pancasila oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Pemilihan tanggal tersebut didasarkan pada momen pidato Ir Soekarno saat menyampaikan gagasan tentang dasar negara Indonesia di sidang BPUPKI.

Pancasila dipilih sebagai dasar ideologi berbangsa dan bernegara dengan Burung Garuda sebagai lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hari Lahir Pancasila merupakan waktu yang tepat, untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai pejuang para pendiri bangsa. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021