Febrian Dwi Sasongko, seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) mengajak para peserta JKN-KIS lainnya untuk melengkapi gawai atau smartphone masing-masing dengan aplikasi Mobile JKN dan menikmati manfaatnya.

Pria berusia 27 tahun tersebut sangat mengapresiasi hadirnya Mobile JKN dalam memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS. Terlebih di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Aplikasi tersebut sangat membantu dalam mendukung pencegahan penyebaran virus Corona.

"Penggunaan aplikasi Mobile JKN sangat terasa sekali manfaatnya. Yang tadinya harus mengurus di kantor BPJS Kesehatan setempat, kali ini bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut. Bisa diakses dimanapun dan kapanpun," ujar Febri.

Mobile JKN saat ini menjadi aplikasi keluaran BPJS Kesehatan yang menjadi andalan semua kalangan masyarakat. Dalam aplikasi Mobile JKN, peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ada, seperti pendaftaran peserta, ubah data, pendaftaran layanan di fasilitas kesehatan, maupun fitur menarik lainnya. 

Febri menceritakan pengalamannya ketika melakukan perubahan data kepesertaan JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN.

"Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat banyak fitur menarik. Tapi yang pernah saya coba adalah perubahan data fasilitas kesehatan. Saat itu saya mau ganti dokter, kemudian saya coba-coba lewat aplikasi tersebut, dari pada harus ke kantor BPJS Kesehatan. Ternyata mudah dan berhasil," cerita Febri.

BPJS Kesehatan sendiri tak hentinya mengembangkan aplikasi Mobile JKN demi memberikan kemudahan dan manfaat bagi peserta JKN-KIS. Selain fitur perubahan data yang telah dilakukan oleh Febri, terdapat juga fitur konsultasi dokter. 

Fitur ini bertujuan untuk peserta JKN-KIS yang ingin melakukan konsultasi dengan dokter terkait masalah kesehatan ataupun mencari informasi tentang kesehatan secara daring tanpa bertatap muka langsung dengan dokter.

"Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pada aplikasi tersebut. Dan yang selanjutnya ingin saya coba adalah fitur konsultasi dokter, tapi harapannya saya selalu sehat-sehat saja. Oleh karena itu, demi mendapat kemudahan pelayanan seputar JKN-KIS, segeralah unduh aplikasi Mobile JKN. Lengkapi smartphone dengan aplikasi Mobile JKN, dan rasakan manfaatnya," kata Febri sambil tersenyum. (*)
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021