Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Jawa Timur mendirikan lima posko siaga kesehatan dan layanan ambulans selama 24 jam menjelang Lebaran 2021.

"Kami mendirikan posko kesehatan di beberapa titik rawan dan pusat keramaian selama sepuluh hari ke depan pada 7-17 Mei 2021. Posko PMI buka 24 jam penuh," kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki di Jember, Sabtu.



Menurutnya, lima titik tersebut, yakni posko induk dipusatkan di Markas PMI Jember di Jalan Jawa No. 57 Kecamatan Sumbersari yang berfungsi sebagai posko pengendali kesiapsiagaan.

"Kemudian posko medis di Klinik Pratama PMI di Jalan Brawijaya No. 61 A Jubung, posko kesehatan yang bersinergi dengan Polres Jember di Pos Jalan Raya Depan Roxy dan di pos polisi samping Lapas Jember," katanya.

Posko keempat disiagakan di lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan yang sedang menikmati liburan keluarga di wilayah Pancer Puger dan Watuulo Ambulu.

"Posko siaga terakhir di Unit Donor Darah (UDD) PMI Jalan Srikoyo No. 115 yang bertugas untuk menjamin kebutuhan darah selama liburan Idul Fitri 1442 Hijriah," tuturnya.

Untuk mendukung posko layanan kesehatan dan ambulans tersebut, 50 personel PMI Jember dikerahkan yang terdiri dari tim medis (dokter dan perawat), relawan dan tenaga pendukung lainnya disiagakan.

"Selain itu, empat ambulans dan seluruh kekuatan sarana pendukung lainnya diterjunkan hingga 17 Mei 2021, karena seluruh kekuatan PMI Jember kami siagakan penuh untuk menunjang aktivitas posko layanan kesehatan dan ambulans," katanya.



Zaenal menjelaskan personel PMI Jember bertugas selama 24 jam secara bergantian menjaga posko sewaktu-waktu ada masyarakat membutuhkan layanan kesehatan maupun layanan lainnya dan layanan call center (0331) 488430 / 484383.

"Hari Raya Idul Fitri tahun ini masih dalam kondisi wabah COVID-19, kami mengimbau masyarakat Jember tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk mempersempit penyebaran virus corona," ujarnya. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021