Bupati Situbondo Karna Suswandi mengemukakan pada Rabu (3/3) besok mulai melaksanakan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 bersama DPRD setempat.

Hal ini disampaikan di hadapan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada acara Rapat Paripurna Serah Terima Jabatan dari Pelaksana Harian Bupati Syaifullah kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Khoirani periode 2021-2026 di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

"Ibu Gubernur, mulai besok, kami bersama DPRD akan langsung mulai melakukan pembahasan KUA-PPAS," kata Bupati Karna.

Bung Karna (sapaan akrabnya) juga melaporkan mengenai perkembangan sebaran COVID-19 yang hingga hari ini terus mengalami penurunan, apabila dibandingkan beberapa pekan sebelumnya.

"Kami laporkan Ibu Gubernur, per hari ini di Situbondo sudah masuk kategori zona kuning ataurisiko penularannya sudah rendah. Kami menekankan agar penyebaran COVID-19 terus ditekan hingga menjadi zona hijau," katanya.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membubuhkan tanda tangan di acara terima jabatan Plh Bupati Syaifullah ke Bupati Karna Suswandi di Pendopo Kabupaten Situbondo, Selasa (2/3/2021). (ANTARA/Novi H)

Mengenai pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di beberapa desa, lanjut bupati, sudah berjalan dengan baik dan berhasil menekan laju penyebaran virus corona.

"Tentu ini dengan bantuan Pak Kapolres dan Dandim serta instansi terkait lainnya, termasuk masyarakat secara keseluruhan. Terima kasih Pak Dandim dan Pak Kapolres," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Karna Suswandi juga menyampaikan visi dan misinya mewujudkan Situbondo berakhlak, sejahtera, adil, dan berdaya ( Situbondo Berjaya).

"Untuk mewujudkan itu semua, yang pertama kami akan membangun Situbondo beriman melalui program-program prioritas, kesehatan masayarakat gratis dan beberapa program prioritas lainnya," tuturnya.
Serah terima jabatan Plh Bupati Syaifullah kepada Bupati dan Wakil Bupati Karnas Suswandi dan Khoirani di Pendopo Kabupaten Situbondo, Selasa (2/3/2021). (ANTARA/Novi H)

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Pemkab Situbondo agar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) ada sinkronisasi dengan RPJMD/RKPD Provinsi Jatim maupun RPJMN.

"RPJMD/RKPD ini merupakan dokumen yang harus disinkronkan dengan provinsi maupun RPJMN," tuturnya.

Rapat Paripurna Serah Terima Jabatan Bupati-Wabup Situbondo dihadiri pula seluruh pimpinan OPD dan undangan lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021