Vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat, mulai dilaksanakan dengan menyasar pelayan publik dan wartawan sebanyak 11.430 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan, vaksinasi tahap dua dilaksanakan serentak di 62 fasilitas layanan kesehatan penyelenggara vaksinasi.

"Pada tahap dua ini, vaksinasi menyasar 11.430 orang, terdiri dari TNI/Polri, petugas pelayan publik, jurnalis dan anggota legislatif," kata Rio , sapaan akrabnya,  di Banyuwangi.

Selain itu, lanjut dia, termasuk juga tenaga dan petugas kesehatan yang belum mendapatkan vaksinasi. Dengan harapan seluruh sasaran pada tahap dua ini dapat diselesaikan dalam waktu satu pekan ke depan.

Menurut ia, pelaksanaan penyuntikan vaksin COVID-19 kali ini dilakukan berdasarkan klaster kantor. Para ASN dijadwalkan mendapatkan suntikan vaksin di fasilitas layanan kesehatan terdekat dari kantornya.

"Mulai hari ini sudah ada PNS, anggota TNI/Polri yang telah disuntik. Mereka kami jadwalkan disuntik di faskes yang terdekat dengan lokasi kantornya," ujarnya.

Kepala Puskesmas Mojopanggung, dr. IB Endrawan mengemuakkan bahwa pihaknya mendapatkan jatah melakukan vaksinasi untuk 529 orang.

"Kami ditunjuk untuk melakukan vaksinasi kepada seluruh ASN yang tempat kerjanya berada di wilayah Kecamatan Giri. Misalnya, ASN di Dinas Kominfo dan Persandian, Inspektorat, Dinas Perikanan, Kantor Kecamatan Giri, termasuk anggota kepolisian. Untuk anggota TNI, dilaksanakan terpusat di Aula Kodim 0825/ Banyuwangi," tuturnya.

Data diperoleh, Banyuwangi sendiri telah menerima sebanyak 22.860 dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac beberapa hari sebelumnya. Dan saat ini, vaksin tersebut telah didistribusikan ke semua fasilitas layanan kesehatan penyelenggara vaksinasi untuk segera diberikan kepada sasaran vaksinasi. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021