Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim melakukan penghijauan di Kabupaten Lamongan dalam rangka kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Ke-75.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim di Lamongan, Senin mengatakan, acara itu digelar dengan kerja sama Pemkab Lamongan, dan dipusatkan di Lapangan Gajahmada, Kelurahan Sidoarjo. 

Dalam kegiatan itu, disiapkan sekitar 1.000 bibit pohon berbagai jenis, termasuk tanaman produktif untuk ditanam di Lapangan Gajahmada dan areal sekitarnya. 

Bibit tanaman berasal dari PWI Jatim, Pemkab Lamongan, Perhutani dan instansi lainnya.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar PWI mendukung perbaikan kondisi lingkungan. Memang hasilnya tidak langsung terlihat, tapi beberapa tahun ke depan akan terasa manfaatnya," kata Ainur.

Menurutnya, kegiatan penghijauan pernah beberapa kali dilakukan PWI Jatim di sejumlah daerah dalam rangkaian kegiatan HPN. 

"Di sekitar stadion Jombang yang sekarang ada tanaman rindang, itu dulu beberapa dari program penghijauan PWI. Sekitar enam atau tujuh tahun silam," katanya.

Ainur sebelumnya merasa prihatin dengan terjadinya musibah banjir dan longsor di sejumlah daerah di Jatim yang penyebab utamanya adalah kondisi alam atau lingkungan telah rusak. 

"Makanya, kami cukup senang pada peringatan HPN tahun ini teman-teman PWI di sejumlah daerah juga mengadakan kegiatan penghijauan, sebagai pemicu warga untuk turut merawat lingkungan," katanya.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Fadeli memberikan apresiasi kepada PWI Jatim yang memilih daerahnya untuk kegiatan penghijauan dalam rangkaian peringatan HPN dan HUT Ke-75 PWI tahun 2021.

"Tentu kami sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini dan manfaatnya jelas sangat besar di kemudian hari," kata Fadeli yang akan mengakhiri dua periode kepemimpinannya sebagai Bupati Lamongan.

Fadeli hadir langsung bersama Wakil Bupati Kartika Hidayati, Kapolres AKBP Miko Indrayana, dan Dandim Letkol Inf Sidik Wiyono, serta Ketua PWI Jatim Ainur Rohim.

Selain penghijauan, rangkaian peringatan HPN dan HUT Ke-75 PWI tingkat Jatim juga digelar sejumlah agenda, antara lain lomba jurnalistik Piala Prapanca, SIWO Jatim Award, apresiasi kepada wartawan senior, dan PWI Jatim Award.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021