Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya menyediakan kuota sebanyak 250 orang mahasiswa baru pada penerimaan tahun 2021.

Dekan FK Unair Prof. Dr. dr. Budi Santoso Sp.Og mengatakan jumlah tersebut terbagi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur Mandiri.

"Secara keseluruhan kami menyediakan 250 kuota mahasiswa baru, tapi kami juga ada kelas internasional hingga 50 mahasiswa baru," katanya di Surabaya, Senin.

Dalam kuota tersebut, dikatakan Prof. Budi, FK juga membuka peluang untuk golden ticket yang akan diberikan Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih pada pendaftar SNMPTN.

"Penerima golden ticket di FK harus dari olimpiade yang linier, seperti olimpiade biologi, kimia, fisika yang diselenggarakan internasional. Ketua OSIS terkemuka dan penghafal kitab suci," ujarnya.

Dia mengatakan, pada jalur golden ticket FK Unair menerima satu atau dua orang mahasiswa saja.

Selain itu, peluang masuk FK juga akan terbuka di jalur Mandiri. Prof. Budi mengklaim di jalur tersebut lebih terjangkau dibandingkan FK di kampus lain.

"Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, biaya pendidikannya mengikuti UKT (uang kuliah tunggal). Kalau Mandiri ada tambahan biaya uang kuliah awal dan besarannya masih sama seperti tahun lalu Rp99 juta," ujarnya.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021