Calon bupati Jember nomor urut 2 Hendy Siswanto menang telak di tempat pemungutan suara (TPS) 22 Kelurahan Jember Kidul yang merupakan TPS Hendy bersama keluarganya menyalurkan hak pilih dalam Pilkada Jember, Jawa Timur, Rabu.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 22 M. Rifai mengatakan hasil rekapitulasi penghitungan selesai sekitar pukul 14.30 WIB yakni pasangan calon nomor urut 1 mendapatkan 28 suara, pasangan calon nomor urut 2 mendapatkan 247 suara dan pasangan calon nomor urut 3 sebanyak 12 suara.

"Total suara sah sebanyak 287 suara. Jumlah suara pasangan calon nomor urut 2 yakni Hendy-Gus Firjaun unggul 219 suara dibandingkan pasangan calon nomor urut 1," katanya di Jember.

Ia mengatakan jumlah pemilih yang hadir di TPS 22 sebanyak 294 orang, namun terdapat tujuh surat suara yang tidak sah karena terdapat surat suara tidak dicoblos dan terdapat coblosan lebih dari dua titik.

Partisipasi pemilih Pilkada Jember di TPS 22 hampir sama dengan pemilu sebelumnya, namun pihak KPPS tidak tahu alasan para pemilih yang tidak hadir dalam menyalurkan hak suaranya.

"Jumlah partisipasi pemilih sekitar 82 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 350 orang di TPS 22," ujarnya.

Rifai menjelaskan petugas juga mendatangi pemilih yang sakit di rumah dan tidak bisa menuju ke TPS, sehingga upaya yang dilakukan KPPS sudah maksimal untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon yakni Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dengan nomor urut 1, kemudian Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Firjaun) dengan nomor urut 2, dan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) dengan nomor urut 3.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jember 2020 sebanyak 1.825.386 pemilih dengan rincian sebanyak 902.327 pemilih laki-laki dan 923.059 pemilih perempuan dengan jumlah 4.752 tempat pemungutan suara (TPS). (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020