Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) berencana menggelar kejuaraan BMX di Banyuwangi, Jawa Timur, pada tahun 2021.

Kabupaten Banyuwangi menjadi kandidat kuat tuan rumah empat seri kejuaraan besar bertaraf internasional itu.

Untuk itu, PB ISSI meminta dukungan pemerintah daerah dan warga Banyuwangi karena kejuaraan BMX ini penting untuk kepentingan Indonesia, tepatnya untuk mengejar poin agar atlet BMX Indonesia bisa lolos Olimpiade Tokyo tahun 2021.

"Kami telah bertemu Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari dan beliau mengungkapkan rencananya untuk menggelar kejuaraan di Banyuwangi. Kami siap mendukung, apalagi ini untuk kepentingan bangsa," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Senin.

Baca juga: Banyuwangi jadwal ulang ajang BMX internasional 2020 akibat virus corona

Sementara itu, Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengemukakan bahwa empat kejuaraan BMX yang rencananya digelar di Banyuwangi adalah BMX kelas tertinggi pada kompetisi BMX (hors class), kejuaraan nasional dan dua kali kejuaraan kelas C1 race.

"Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada atlet-atlet kita untuk mengejar poin menuju Olimpiade 2021. Daripada kita kirim ke luar (negeri), lebih baik kita bikin kejuaraan sendiri di Indonesia. Atlet-atlet kita bisa mengejar poin di sini," ujar Raja Sapta.

Baca juga: Wabah corona, Pemkab Banyuwangi tunda kompetisi BMX internasional

Ia mengatakan kejuaraan internasional khususnya hors class pasti akan mendapat atensi dari atlet mancanegara, mengingat mereka juga membutuhkan tambahan poin agar bisa berkompetisi di Olimpiade Tokyo.

"Saya optimistis atlet mancanegara pun akan banyak yang ikut berkompetisi di sini. Mereka punya kepentingan yang sama untuk menambah poinnya agar bisa lolos berlaga di Olimpiade," tuturnya.

Menurut Raja Sapta, sejak awal pihaknya telah mendaftarkan Banyuwangi untuk menjadi tuan rumah kegiatan tersebut karena cukup layak.

Selain memiliki trek BMX berstandar UCI pertama di Indonesia, Banyuwangi juga telah berpengalaman menggelar berbagai kejuaraan olahraga kelas dunia.

Selain BMX, Banyuwangi juga rutin menggelar kejuaraan balap sepeda yang masuk agenda UCI, yakni Internasional BMX dan Tour de Banyuwangi Ijen.

"Banyuwangi adalah kabupatennya PB ISSI, banyak event sepeda digelar di sini. Kami sangat berharap agar kejuaraan BMX ini bisa dilaksanakan di Banyuwangi. Untuk itu, kami berkoordinasi dan memohon izin kepada Pak Bupati. Mudah-mudahan rencana kami mendapat dukungan dari pemerintah maupun masyarakat Banyuwangi," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020