Spesialis Orthopedi RSU Syubbanul Wathon dr Trimanto Wibowo MBiomed SpOT mengingatkan olahraga sangat penting dilakukan di masa pandemik COVID-19.

“Sebab akan meningkatkan imunitas tubuh yang penting untuk mencegah penularan Corona,” ujarnya dalam keterangan pers di Surabaya, Minggu.

Namun, kata dia, selama pandemik ini seluruh aktivitas disarankan untuk dijalankan di rumah saja, tak terkecuali berolahraga.

Menurut dr Trimanto Wibowo, meski hanya dilakukan di rumah, risiko cedera karena berolahraga tetap bisa terjadi.

Baca juga: RS Siloam Hospitals Groups gelar edukasi kesehatan bahas "Trigger Finger"

Baca juga: Siloam Hospitals Jambi sediakan fasilitas "Cath Lab"

"Biasanya, cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga di rumah adalah pada bagian bahu, siku, pergelangan tangan, pangkal paha, lutut, dan pergelangan kaki,” ucap dia.

Sementara itu, dokter spesialis orthopedi RS Siloam Semarang dr Irissandya Dyah Atisuksma SpOT mengatakan pada lanjut usia, olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan agar selalu bugar.

"Sama seperti orang muda, sebelum berolahraga lansia harus memperhatikan beberapa hal, yaitu tidak sedang pusing atau sakit kepala, tidak sesak, tidak demam, dan tekanan darah baik, dan tidak sedang nyeri sendi berat serta tidak nyeri punggung berat," tutur-nya.

Selain itu, berolah raga pada lansia akan memberikan manfaat menurunkan risiko jatuh, obesitas, stres, osteoporosis, meningkatkan imunitas, masa otot, dan kehidupan sosial.

Begitu juga seperti disampaikan dr Melky Fredianto Sp.OT (K) yang merupakan spesialis orthopedi RS Siloam Yogyakarta, bahwa orang muda dan lansia harus selalu waspada cedera lutut saat berolahraga.

"Waspada beberapa gejala, antara lain terasa nyeri, bengkak, sensasi terkunci, ketidakstabilan lutut (goyang dan lemas). Jika terjadi hal demikian segera konsultasikan dengan dokter, jika perlu lakukan pemeriksaan lebih lanjut melalui Xray, bahkan MRI,” ujarnya. (*)

Baca juga: Polda Jatim dapat bantuan 5.000 APD dari RS Siloam Surabaya

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020