Siloam Hospitals Jambi berupaya meningkatkan layanan kesehatan berkualitas, termasuk pada bidang jantung dan pembuluh darah.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Selasa siang, CEO RS Siloam Jambi, Andry Sjamsu, EMBA, MARS, MM, mengatakan pihaknya melalui pengadaan dan pengoperasian melalui alat "Cath Lab".

Sebelumnya, melalui cath lab ini, rumah sakit Siloam Jambi berhasil menangani lima pasien untuk tindakan kateterisasi jantung dan pemasangan stent koroner.

"Karena adanya pandemi, kegiatan peresmian baru dapat kami lakukan saat ini. Harapan kami, melalui alat Cath Lab ini, kualitas kesehatan bagi pasien di Jambi semakin membaik", ucap-nya.

Baca juga: Gerai khusus optimalkan layanan pasien jaminan asuransi Mandiri Inhealth

Baca juga: Polda Jatim dapat bantuan 5.000 APD dari RS Siloam Surabaya

Dengan adanya peningkatan layanan ini, kata dia, tumbuh kembali harapan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di kota Jambi. 

Cath lab atau kateterisasi jantung dan angiografi merupakan prosedur atau tindakan pada lingkup kardiologi diagnostic invasive.

Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Misalnya, jantung untuk melihat adanya pontesi sejumlah  penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada organ pembuluh darah dari pasien.

Alat yang digunakan dalam cath lab dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara rinci.

Tindakan layanan melalui alat cath lab sangat membantu kinerja dokter spesialis secara akurat dalam penanganan operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Secara umum cath lab digunakan untuk prosedur jantung, seperti angiografi koroner dan pemasangan stent.

Selain itu, cath lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti radiologi intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020