Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari mengukuhkan Pengurus Dewan Koperasi Wilayah Provinsi Jawa Timur masa bakti 2020-2025.

"Selamat kepada pengurus baru," ujarnya didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di sela pengukuhan di Graha Dekopinwil di Kabupaten Sidoarjo, Jumat.

Sri Untari menjelaskan kepengurusan baru akan menggenjot program digitalisasi, ketahanan pangan dan penguatan sumber daya manusia melalui Lembaga Pendidikan Koperasi Daerah (Lapenkopda) yang ada di seluruh Jatim.

Masing-masing Lapenkopda, kata dia, bisa bekerja sama dengan pemerintah setempat.

"Jalinan sinergitas bisa dikendalikan melalui marketplace dengan memanfaatkan digitalisasi, terutama untuk mendongkrak potensi UMKM," ucapnya.

Sementara itu, dalam bidang ketahanan pangan, banyak kemudahan bagi para petani tergabung dalam koperasi unit desa (KUD), terutama mengatasi kesulitan pupuk.

Apalagi, lanjut dia, bagi petani yang belum memperoleh kartu tani bisa menggunakan sistem kolektif sampai November. 

"Ini kabar gembira untuk teman-teman yang berkoperasi di lingkungan pertanian. Ada kelompok tani maupun KUD sehingga mereka tidak bingung lagi untuk urusan pupuk," kata Sri Untari.

Anggota DPRD Jatim tersebut juga berpesan kepada jajaran pengurus baru agar berpikiran terbuka, bekerja keras dan berdisiplin tinggi, namun tetap lentur dan memiliki inovasi maupun kreativitas yang dipadu kekompakan.

Dalam kesempatan sama, Wagub Jatim Emil Dardak memberi gambaran pentingnya ketahanan ekonomi berlandaskan semangat gotong royong dan kekeluargaan melalui koperasi di tengah badai pandemi COVID-19. 

Menurut dfia, tanpa gotong royong maka sulit membantu program pemerintah dalam menggerakkan ekonomi, serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat secara maksimal. 

"Jadi, koperasi ini akan terus menjadi mitra utama dalam program pemulihan ekonomi nasional, baik di pusat maupun di Jatim," katanya.

Orang nomor dua di Pempro Jatim itu juga optimistis koperasi menjadi tempat pilihan untuk belanja dan dropshipper serta reseller bisa bersinergi dengan koperasi.

"Jatim sebagai lokomotif ekonomi akan menjadi testimoni apakah akan mengikuti arus global atau mempertahankan kekuatan lokal," tuturnya.

Di sisi lain, menjabat sebagai Ketua Dekopinwil Jatim adalah Slamet Sutanto dan Wakil Ketua Reni Sukesiningsih, serta didampingi sejumlah sejumlah ketua bidang. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020