Bantuan sosial beras tahap ketiga untuk keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mulai didistribusikan.

Bantuan sosial dari Kementerian Sosial yang dapat menjadi stimulan pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi COVID-19 di Banyuwangi, disalurkan kepada sebanyak 66.796 KPM.
 
Video oleh Novi Husdinariyanto

"Jadwal pendistribusian tahap ketiga hari ini, ada empat kecamatan yang harus selesai atau bansos beras khusus KPM PKH diterima masyarakat," ujar Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi Bambang Sungkono usai peluncuran Bantuan Sosial Beras KPM PKH di Gudang Bulog LemahBang, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Kamis.

Masing-masing KPM-PKH, lanjut dia, menerima bantuan beras 15 kilogram per bulan selama tiga bulan atau 45 kilogram per KPM, terhitung mulai Agustus, September dan Oktober 2020.

"Ada yang perlu evaluasi pendistribusian tahap satu dan dua. Jadi tahap ketiga ini kami mohon jadwal truk distribusi apabila sudah ditentukan secara teknis bisa dipenuhi sehingga tepat waktu. Kami juga mengimbau dalam penyaluran harus tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Sungkono.

Sementara itu, Pemimpin Kantor Cabang Perum Bulog Banyuwangi Jusri Pakke mengemukakan bahwa beras yang disalurkan dalam program Bansos Beras KPM-PKH Kemensos adalah beras kualitas medium, tetapi layak dan sudah dilakukan uji tanak.

"Penyaluran bansos beras hari ini tahap ketiga, sedangkan tahap satu dan dua sudah dilaksanakan pada bulan lalu (September). Pada hari ini bansos beras yang disalurkan sekitar 1.100 ton di empat kecamatan (wilayah selatan Banyuwangi)," kata Jusri.

Dari pantauan, pendistribusian bansos beras KPM PKH ini diangkut menggunakan sejumlah armada truk dan pelepasan armada juga dipantau oleh pendamping PKH setempat. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020