Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menerima berkas pencalonan Hanindhito Himawan Pramono, putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung, yang ikut mendaftar sebagai peserta Pilkada Kabupaten Kediri 2020, berpasangan dengan Dewi Maria Ulfa. 

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi mengatakan KPU membuka pendaftaran pilkada mulai 4-6 September 2020 dan pada hari pertama ini pasangan yang mendaftar adalah Dhito dan Dewi Maria Ulfa.  

"Hari ini pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kediri. Pendaftaran pasangan calon ini dibuka tanggal 4-6 September 2020. Tanggal 4 September ini pasangan calon Mas Dhito dan Mbak Dewi daftar," kata Ninik Sunarmi di Kediri, Jumat.
 
KPU membuka pendaftaran sesuai dengan jadwal. Namun, jika hingga selesai hari pendaftaran belum ada calon yang daftar lagi akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

"Kami akan tetap buka sesuai dengan tahapan sampai 6 September 2020 pukul 24.00 WIB. Setelah itu, kami putuskan, lakukan pleno dan membuka pendaftaran lagi tiga hari ke depan. Selama perpanjangan pendaftaran itu, kami sosialisasi melalui media dan partai politik," ujar dia.

Dalam pendaftaran tersebut, KPU juga memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Perwakilan dari partai pengusung dan partai pendukung diizinkan masuk setelah dilakukan pengecekan kesehatan seperti suhu tubuh. Selain itu, yang masuk juga diberi cairan pembersih tangan.

Di dalam lokasi pendaftaran, Gedung Bagawanta Bhari, Kabupaten Kediri, penempatan tempat duduk juga dilakukan sesuai protokol kesehatan, dengan jaga jarak. Bahkan, sebelumnya ruangan telah disemprot dengan cairan disinfektan, demi mencegah COVID-19.

Pasangan Dhito-Dewi diusung oleh sembilan partai politik (parpol) pemilik kursi di DPRD Kabupaten Kediri, yaitu PDI-P, PKB, Nasdem, PAN, Demokrat, Golkar, Gerindra, PKS, dan PPP.

Perwakilan partai politik pengusung sekaligus Ketua Tim Pemenangan Dhito-Dewi, Budi Sulistyono, mengungkapkan maksud kedatangannya ke Gedung Bagawanta Bhari untuk mendaftarkan pasangan Dhito-Dewi dalam ajang Pilkada Kediri Tahun 2020.

"Hari ini kami, sembilan partai politik datang ke KPU mengusung pasangan Dhito-Dewi sebagai bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kediri, kami menyerahkan berkas pendaftaran. Apabila terdapat koreksi, kami siap untuk memperbaiki," kata Budi Sulistyono.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi juga menyambut baik dengan menerima dokumen berkas pendaftaran pencalonan yang dibawa. Sebelumnya dokumen berkas tersebut telah disterilisasi.

Penerimaan dokumen berkas pendaftaran tersebut dilakukan oleh Ketua Tim Pemenangan Dhito-Dewi, Budi Sulistyono diikuti bakal pasangan calon kepala daerah yakni Dhito-Dewi, diterima Ketua KPU Kabupaten Kediri dengan disaksikan oleh sembilan pimpinan partai politik pengusung.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020