Penurunan harga sejumlah komoditas bahan pangan dan kebutuhan hidup telah memicu terjadinya deflasi pada bulan Juli 2020 di Kota Madiun, Jawa Timur, yang tercatat sebesar 0,04 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,37.

"Stok bahan kebutuhan pokok di pasaran cukup banyak. Namun penurunan daya beli masyarakat sudah turun sejak pendemi dimulai sehingga terjadi deflasi," ujar Kepala BPS Kota Madiun Umar Sjaifuddin dalam keterangannya, Selasa.

Sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga selama Juli 2020 hingga mendorong deflasi, di antaranya bawang putih, bawang merah, beras, daging ayam ras, dan gula pasir.

Sementara itu, sejumlah komoditas yang menjadi penyumbang inflasi atau penekan deflasi, antara lain nasi dan lauk, mie, emas perhiasan, telur ayam, sekolah dasar, bimbingan belajar, pisang, dan cabai rawit.

"Berdasarkan sebelas kelompok pengeluaran, dua mengalami deflasi dan sembilan lainnya inflasi," kata dia lanjut.

Tercatat kelompok makanan, minuman, dan tembakau menjadi penyumbang deflasi tertinggi, yakni dengan andil 0,2172 persen. Demikian juga dengan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan yang ikut menyumbang deflasi sebanyak 0,0187 persen.

Ia menambahkan deflasi tidak hanya terjadi di Kota Madiun. Deflasi juga terjadi di wilayah Jawa Timur dan nasional. Sesuai data, Provinsi Jatim terjadi deflasi sebesar 0,29 persen untuk Juli 2020 dan 0,10 persen untuk deflasi nasional.

Dari delapan kota IHK di Jawa Timur tercatat empat kota mengalami inflasi dan empat kota mengalami deflasi. Jika dibandingkan dengan delapan kabupaten/kota penghitung inflasi lainnya, Kota Madiun ada di urutan ke-lima.

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Probolinggo sebesar 0,16 persen diikuti oleh Kota Malang inflasi sebesar 0,06 persen, kemudian inflasi terendah Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi inflasi sebesar 0,01 persen.

Sedangkan Kota Surabaya mengalami deflasi di bulan Juli 2020 sebesar 0,41 persen, diikuti oleh Kabupaten Sumenep deflasi sebesar 0,12 persen, Kota Kediri deflasi sebesar 0,06 persen, dan Kota Madiun deflasi sebesar 0,04 persen.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020