Di tengah masa pandemi saat ini, masker jadi kebutuhan wajib bagi seluruh masyarakat sebagai pelindung diri dari ancaman virus Corona (COVID-19).

Melihat hal ini, BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan mengambil momen dengan membagikan ratusan masker kepada Peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) secara gratis namun dengan menunjukkan penggunaan aplikasi Mobile JKN.

Ditemui di sela-sela kegiatannya, Indrina Darmayanti selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan, Rabu mengatakan jika kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kantornya kepada masyarakat yang sama-sama berjuang melawan keganasan corona.

Selain itu, dirinya menyebut tujuan lain dari kegiatan ini sekaligus mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin mematuhi aturan yang telah dibuat pemerintah.

"Kita semua tahu keadaan saat ini memang belum bisa dikatakan normal ya. Sebagian besar masih harus beradaptasi dengan aturan yang ada. Penggunaan masker memang jadi hal wajib mengingat aktivitas masyarakat yang kadang tak sepenuhnya terbatas. Kami ingin melalui kegiatan ini bisa memberikan manfaat nyata kepada masyarakat sekaligus mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker saat beraktivitas dan selalu cuci tangan," katanya, Rabu.

Pemberian masker ini dilakukan se-wilayah kerja Kantor Cabang Pasuruan yang meliputi Kota dan Kabupaten Pasuruan serta Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Teknisnya hanya menunjukkan aplikasi Mobile JKN yang sudah terinstal dan telah terdaftar sebagai pengguna aplikasi. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dengan melayani para Peserta JKN-KIS yang sedang berkunjung ke kantor.

"Pembagiannya sendiri rata sesuai kantor di wilayah kerja Kantor Cabang Pasuruan. Jadi, semua dilakukan di masing-masing KLOK (Kantor Layanan Operasional Kota/Kabupaten, red). Peserta yang datang kita tanya soal keperluannya apa dan kita sosialisasikan tentang aplikasi Mobile JKN sekaligus Care Center 1500400. Kalau ternyata peserta sudah menggunakan (Mobile JKN) dan kepesertaannya aktif maka kita hadiahi dengan masker. Ini sekaligus memberi info ke peserta kalau pelayanan bisa dari rumah," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta yang kebetulan datang ke KLO Kota Probolinggo, Mohammad Holil Arifin mengatakan jika dirinya baru saja menggunakan aplikasi Mobile JKN tersebut.

Sebelumnya dirinya kesulitan untuk memahami satu per satu fiturnya. Namun, dengan adanya sosialisasi seperti ini dirinya terbantu dan mulai memahami kegunaannya.

Ia juga senang dan turut berterima kasih dengan kepedulian BPJS Kesehatan dalam memberikan masker di tengah pandemi saat ini.

"Ini tadi mengurus BPJS (Kesehatan) istri saya yang tidak aktif. Terus ada pegawai yang memberi sosialiasi masalah aplikasi (Mobile JKN) tadi. Ya saya senang, ternyata mudah karena sebelumnya saya bingung bagaimana menggunakannya. Itu tadi diajari melihat status kepesertaan sama kalau mau ubah faskes (fasilitas kesehatan, red). Saya juga berterima kasih karena dapat masker dan ini bermanfaat sekali," katanya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020