PT Pertamina (Persero) dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, menyalurkan bantuan 5 ton beras melalui Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19 setempat.

Bantuan beras itu secara simbolis diserahkan oleh Integrated Terminal Manager Tanjung Wangi Banyuwangi Harjito, sebagai perwakilan PT Pertamina, kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Kami ingin ikut meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak wabah virus corona (COVID-19), ujar Harjito usai penyerahan bantuan beras.

Ia mengatakan, donasi itu merupakan rangkaian program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19. Selain dari Pertamina, bantuan juga dihimpun dari Hiswana Migas yang terdiri dari para pengusaha elpiji, stasiun pengisian bahan bakar umum SPBU dan stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBE).

"Semoga bantuan 5 ton beras dari kami bisa membantu mereka di tengah situasi yang sulit ini," tuturnya.

Harjito juga menyatakan siap mendukung program-program Pemkab Banyuwangi terkait penanganan COVID-19, seperti halnya pemkab akan membuka dapur umum akan didukungnya.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas menyambut baik bantuan itu, karena gotong royong semua pihak merupakan hal penting yang harus ditumbuhkan dalam menghadapi pandemik ini.

"Terima kasih atas donasinya dari seluruh pihak yang selama ini terus mendukung upaya penanganan. Mulai dari asosiasi, pekerja profesi, ASN, BUMN dan pihak lain yang banyak memberikan sumbangan. Semoga kita terus bahu-membahu hingga wabah ini berakhir," ujarnya.

Kata Anas, semua bentuk bantuan yang masuk akan didistribusikan dengan baik, seperti karyawan hotel yang dirumahkan sehingga tidak ada penghasilan lagi atau pedagang yang omzetnya turun drastis akibat COVID-19.

"Mereka ini kan belum masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), tapi sudah layak kita bantu karena kondisinya yang memang terdampak COVID-19," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020