Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengumumkan warga yang positif terinfeksi virus corono atau COVID-19 mencapai empat orang, di mana pasien keempat masih satu keluarga dengan pasien nomor tiga.

"Hari ini kembali saya umumkan, ada penambahan konfirmasi positif corona, yang kami sebut kasus Kediri Kota 4," kata Wali Kota Kediri dalam rilisnya di Kediri, Kamis.

Baca juga: Positif COVID-19 di Kota Kediri bertambah menjadi tiga kasus

Ia mengatakan, pasien tersebut merupakan kontak erat dengan pasien nomor tiga. Saat ini, yang bersangkutan sudah ditangani petugas medis.

"Ini adalah pasien kontak dengan Kediri Kota 3, yang lokasinya di Perumahan Wilis 2, Kelurahan Pojok, Kota Kediri. Beliau adalah istrinya. Dalam hal ini, Pemkot Kediri sudah melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan," kata dia.

Baca juga: Pesan Kadinkes Kabupaten Kediri setelah dinyatakan sembuh dari corona

Mas Abu, sapaan akrab wali kota, juga mengatakan bahwa Pemkot Kediri sudah menyalurkan bantuan paket bahan pokok kepada 30 kepala keluarga (KK) yang lingkungannya masuk dalam wilayah isolasi. Ia juga menghimbau warga yang lain untuk tidak berkunjung dulu ke kompleks perumahan tersebut.

Ia juga meminta agar warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien agar jujur kepada petugas. Dengan itu, petugas medis juga bisa melakukan pemantauan dan pengawasan kesehatan dari yang bersangkutan.

"Sekali lagi, Pemkot Kediri sudah jujur menyampaikan fakta, tolong warga juga jujur dengan pemerintah. Lapor pada RT/RW jika ada orang yang mudik atau datang dari daerah terjangkit," kata Mas Abu.

Di Kota Kediri, data per Kamis (9/4) untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 147 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak dua orang, dan yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona adalah empat orang. Dari empat orang itu, dirawat tiga orang dan seorang lainnya sudah dinyatakan sembuh. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020