Jumlah warga Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 hingga Minggu, 5 April 2020, bertambah menjadi delapan orang, dari sebelumnya sebanyak enam orang.

"Jadi, sesuai rilis hari ini bertambah dua orang pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga seluruhnya berjumlah delapan orang," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Abu Bakar Abdi di Situbondo, Minggu malam.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 asal Situbondo sembuh dan dipulangkan

Ia menjelaskan bahwa dari delapan orang pasien positif COVID-19 tersebut, tiga orang dirawat di RSUD dr Soebandi Jember dan dua orang lainnya dirawat di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

Baca juga: Bupati Situbondo: Dua pasien positif COVID-19 telah lewati masa inkubasi

Sedangkan tiga orang pasien positif COVID-19 lainnya menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dengan pengawasan ketat petugas kesehatan dan camat serta dari pemerintahan desa setempat, karena sebelumnya telah dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit.

"Sebelumnya kan ada empat orang positif yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan serta menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Namun, satu orang di antaranya (warga Kecamatan Banyuputih) kembali menjalani perawatan di RSUD de Abdoer Rahem Situbondo, karena mengeluh sakit perut," ucapnya.

Baca juga: Dua warga Situbondo positif COVID-19 enggan diisolasi di rumah sakit

Data Satgas Penanggulangan COVID-19 Situbondo mencatat, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 187 orang, dengan rincian enam ODP rawat inap di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo, 89 ODP isolasi mandiri dan 92 ODP selesai dipantau (sehat).

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat sebanyak sembilan orang PDP rawat inap, satu PDP isolasi mandiri, dan satu ODP lainnya sudah sembuh.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020