Dua orang pasien asal Situbondo yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona (COVID19) dan dirawat di RSUD dr Koesnadi Bondowoso, Jawa Timur, telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumahnya.

"Sesuai informasi dari RSUD dr Koesnadi Bondowoso, dua orang pasien positif COVID-19 sudah sembuh total dan keduanya sudah pulang untuk menjalani isolasi mandiri," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, Mohammad Imron saat dihubungi di Bondowoso, Jumat malam.

Dengan demikian, lanjut dia, sampai saat ini sudah tidak ada lagi pasien positif COVID-19 yang dirawat di RSUD dr Koesnadi Bondowoso, termasuk seorang pasien dalam pengawasan atau PDP warga Bondowoso juga sudah dipulangkan.

"Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) bertambah jadi 546 orang, yang dikarenakan banyaknya santri yang pulang dari pesantren," paparnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Abu Bakar Abdi membenarkan bahwa dua orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan di Bondowoso itu telah sembuh dan saat ini langsung menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Alhamdulillah, memang benar dua pasien positif COVID-19 telah sembuh dan pulang ke rumahnya. Dan saat ini, keduanya isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing dan dilakukan pengawasan ketat oleh petugas kami, baik dari puskesmas, camat setempat," kata Abu Bakar.

Selain pengawasan ketat selama isolasi mandiri, lanjut dia, petugas kesehatan dari puskesmas setempat juga terus memantau kondisi kesehatan meskipun telah sembuh total, serta keduanya diberi vitamin setiap hari selama isolasi mandiri.

"Kedua pasien positif COVID-19 dan dinyatakan sembuh tersebut merupakan warga Kecamatan Banyuputih dan warga Kecamatan Bungatan," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020