Bagi anda yang ingin menikmati keindahan bunga sakura di Jepang, tidak perlu jauh-jauh dan merogoh kocek dalam-dalam untuk pergi ke negeri matahari terbit tersebut, karena wisatawan bisa menikmati suasana negeri sakura cukup di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Owner Dira Grup Ponimin Tohari membangun sebuah waterpark dengan suasana negeri sakura di Desa Balung kulon, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember karena terinpirasi keindahan Jepang saat berkunjung di negara tersebut beberapa waktu lalu.

Dengan lahan total seluas 2,5 hektare yang mencakup kolam renang, kafe, aula, dan area untuk swafoto bernuansa sakura dan ornamen pagoda disulap seperti berada di Tokyo, Jepang, yang dilengkapi dengan sajian kuliner Jepang sepert sushi dan makanan Jepang lainnya.

"Pengunjung bisa merasakan sensasi berada di Jepang karena nuansa bunga sakura yang cukup banyak dan bangunan yang menyerupai pagoda di Dira Cafe dan Waterpark Balung," kata General Manajer Dira Cafe dan Waterpark Balung Fredy di Jember.

Baca juga: Ratusan penari ramaikan Festival Yosakoi-Remo 2019 di Surabaya (Video)

Desain ornamen dan arsitekturnya salah satu objek wisata itu sangat memanjakan para pengunjung hingga seolah-olah berada di Jepang dan konsep itulah yang menjadi ciri khas dan satu-satunya wisata bernuansa Jepang yang berada di Kabupaten Jember.

Pengunjung juga bisa menyewa baju kimono mulai anak-anak hingga orang tua dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp10 ribu per kostum, bagi yang ingin berfoto dan merasakan sensasi menjadi orang Jepang dalam beberapa menit.

Beberapa spot swafoto yang disediakan di Dira Cafe dan Waterpark Balung juga cukup instagramable, sehingga wisatawan bisa mengabadikan momentum tersebut agar tetap eksis di media sosial.

Tidak hanya itu, pihak pengelola juga membangun sebuah aula yang bisa digunakan sebagai tempat pertemuan atau resepsi yang merupakan satu paket dengan makanan yang disediakan di sana, sehingga bisa semakin menambah sensasi acara serasa di Kota Tokyo, Jepang.

Baca juga: Wakil Dubes Australia kunjungi destinasi wisata perdamaian di Jember

Untuk menikmati waterpark dengan suasana negeri Sakura itu tidak perlu membayar cukup mahal, karena harga tiket masuk di Dira Cafe dan Waterpark Balung cukup terjangkau untuk semua kalangan yakni Rp15 ribu per orang dengan jam buka mulai pukul 08.00 hingga 23.00 WIB, bahkan pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan karena tanpa dipungut biaya alias gratis.

Wisata yang menghadirkan nuansa ala Jepang tersebut baru diresmikan oleh Bupati Jember Faida pada 17 Januari 2020 dan mendapat tanggapan yang cukup bagus dari masyarakat karena setiap akhir pekan tercatat jumlah pengunjung bisa mencapai 10.000, bahkan pada saat weekday juga tidak pernah sepi.
 
Suasana kolam renang di Dira Cafe dan Waterpark Balung yang cukup nyaman untuk menghabiskan liburan akhir pekan (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

Bupati Jember Faida mengapresiasi munculnya destinasi wisata baru ala negeri sakura tersebut karena dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan bisa mengangkat produk lokal, sehingga diharapkan dapat menarik wisatawan dari luar Kabupaten Jember.

"Pemkab Jember mendukung hadirnya wisata bernuansa Jepang itu karena Dira Cafe dan Waterpark Balung merupakan wisata edukasi dan wisata keluarga yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Jember," kata bupati perempuan pertama di Jember itu.

Baca juga: Situs Beteng Kedawung Jadi Destinasi Wisata Edukasi dan Budaya Jember

Menurutnya berdirinya Dira Cafe dan Waterpark Balung semakin menambah investasi yang ditanam di Kabupaten Jember, sehingga dapat mendongkrak perekonomian di wilayah setempat.
Foto dokumentasi Bupati Jember Faida bersama Owner Dira Grup Ponimin saat perersmian Dira Cafe dan Waterpark Balung di Jember pada 17 Januari 2020 (ANTARA/ HO-Humas Pemkab Jember)


Nah bagi anda yang kebetulan singgah di Kabupaten Jember, tidak ada salahnya untuk mampir ke Dira Cafe dan Waterpark Balung untuk menikmati sensasi liburan di negeri Sakura yang cukup instagramable dengan budget yang terjangkau.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020