Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa timur terus berupaya mengoptimalkan manfaat ruang terbuka hijau (RTH) yang ada di wilayahnya guna meningkatkan kesejahteraan warga setempat

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan keberadaan taman atau RTH bukan hanya untuk keindahan, tetapi juga harus termanfaatkan secara maksimal.

"Utamanya dimanfaatkan untuk kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat," ujar Wali Kota Maidi dalam kegiatan Senam Zumba dan Bazar UMKM yang digelar di Taman Tentara Genie Pelajar (TGP), Jalan TGP Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Minggu.

Menurut dia, Pemkot Madiun telah melakukan perbaikan dan pembenahan RTH serta taman di Kota Madiun. Selain untuk memperindah kota, perbaikan RTH dan taman itu dilakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. 

Wali Kota Maidi mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang ada tersebut dan juga turut menjaga lingkungannya.

"Silakan masyarakat gunakan fasilitas tersebut, tapi tolong dijaga. Semua taman sudah dibenahi, fasilitas yang sudah diperbaiki jangan sampai dibiarkan. Kalau ada kekurangan-kekurangan silahkan diutarakan untuk kebaikan ke depannya," kata dia.

Wali Kota Maidi juga menekankan agar masyarakat ikut mendukung seluruh kegiatan ekonomi produktif yang ada di lingkungannya. Hal itu karena ia ingin masyarakat bisa mengoptimalkan fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah.

Dalam kegiatan Senam Zumba dan Bazar UMKM yang digelar di Taman TGP tersebut, Wali Kota Maidi didampingi Ibu Yuni Maidi, Wakil Wali Kota Inda Raya, perwakilan Forkopimda dan jajaran OPD Pemkot Madiun ikut melakukan senam bersama masyarakat.

Ke depan, Maidi berharap akan ada banyak kegiatan serupa yang digelar di taman-taman kota lainnya. Sehingga RTH dan taman-taman di Kota Madiun dapat bermanfaat bagi warga.

Wujudkan RTH 30 persen

Pemkot Madiun terus berupaya mengejar target keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) mencapai 30 persen dalam beberapa tahun mendatang seiring gencarnya upaya penanaman pohon berbunga di wilayah setempat.

"Saat ini ruang hijau yang ada di Kota Madiun baru mencapai 19 persen. Padahal sesuai aturan, keberadaan ruang hijau harus mencapai 30 persen," kata Wali Kota Maidi.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya memperluas ruang terbuka hijau yang ada di Kota Madiun. Selain pembangunan, ada perbaikan taman sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Upaya lain yang dilakukan untuk penghijauan kota, yakni dengan melakukan penanaman kembali pohon-pohon di sejumlah pinggir jalan yang mungkin pohonnya sudah roboh atau ditebang.

Ditargetkan keberadaan ruang hijau sebanyak 30 persen dapat tercapai dalam dua hingga tiga tahun ke depan. Pihaknya juga akan memaksimalkan penanaman pohon-pohon di sepanjang tahun 2020.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020