Sebanyak 3.344 personel gabungan akan disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada 23 Oktober 2019.

Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono mengemukakan ribuan personel gabungan untuk pengamanan pilkades serentak di 116 desa itu meliputi unsur Polres Situbondo, polres jajaran dan Brimob Polda Jatim, Kompi Dalmas, TNI dari Kodim 0823/Situbondo, dan Linmas.

"Semua personel nantinya akan digeser ke lokasi TPS (tempat pemungutan suara) pilkades dua hari sebelum pelaksanaan, untuk memastikan semua persiapan berjalan dengan baik," kata AKBP Awan Hariono di Situbondo, Selasa.

Baca juga: Pilkades Situbondo, empat bakal calon kades petahana gagal tes tulis

Kapolres juga mengajak seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk bekerja sama dalam hal pengamanan, serta saling mendukung pelaksanaan pilkades serentak bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Seluruh personel yang terlibat pengamanan pilkades agar benar-benar menguasai wilayah tempat tugasnya, tidak hanya menguasai medan, akan tetapi informasi yang berkembang di masyarakat dalam rangka mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas yang berpotensi mengganggu proses pilkades," ujarnya.

Baca juga: Pilkades Situbondo, sebanyak 84 bakal calon kades ikuti tes tulis

Polres Situbondo juga telah menggelar latihan Pra-Operasi Mantap Rengganis Semeru 2019 dalam rangka pengamanan pilkades serentak 2019 di Gedung Bhayangkara Januraga Situbondo.

Menjelang pelaksanaan pilkades, sebelumnya juga digelar rapat koordinasi lintas sektoral dengan instansi terkait, dalam rangka kesiapan pengamanan. Polres Situbondo juga telah membentuk Satgas Antimafia Judi untuk pilkades serentak mendatang.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019