Sebanyak 84 bakal calon kepala desa dari 12 desa yang merupakan peserta pilkadesnya lebih dari lima orang mengikuti tes tulis di aula kantor Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Dari 84 bakal calon kepala desa yang lolos mengikuti tes tulis nantinya otomatis ditetapkan sebagai calon kepala desa (cakades) pada pilkades serentak yang akan dilaksanakan 23 Oktober 2019.

"Tes tulis bakal calon kepala desa ini dilaksanakan secara transparan atau terbuka. Dan hasil dari tes tulis hari ini juga langsung diumumkan di hadapan bakal calon kepala desa oleh panitia," kata Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi kepada wartawan di Situbondo.

Menurut ia, dari 84 bakal calon kepala desa yang mengikuti tes tulis, nantinya ada 60 bakal calon kades yang lolos menjadi calon kepala desa. Sedangkan 24 bakal calon kades lainnya (nilainya paling rendah) dipastikan tidak bisa melanjutkan menjadi calon kepala desa, karena sesuai aturan pilkades hanya lima calon.

"Kami memang meminta ke panitia pelaksana tes tulis dilaksanakan secara terbuka," kata Wabup Yoyok.

Hasil tes tulis 84 bakal calon kepala desa dikoreksi dan diumumkan usai peserta mengerjakan sebanyak 100 soal pilihan, dan penguji dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Jawa Timur (panitia penyelenggara tes tulis).

Sedangkan untuk materi tes tulis, yakni berkaitan dengan kemampuan umum, Pancasila, UUD 1945, mengenai pemerintahan dan pemerintahan desa.

Dari 132 desa di Situbondo, sebanyak 116 desa yang tersebar di 17 kecamatan  melaksanakan pilkades serentak pada 23 Oktober mendatang.

Selain itu, dari 116 desa melaksanakan pilkades serentak 2019, lima desa di antaranya akan melaksanakan pilkades melalui sistem e-voting berbasis KTP elektronik. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019