Pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan pemeriksaan kesehatan antemortem (pemeriksaan bagian luar) atau secara fisik hewan kurban secara bertahap hingga Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang bertepatan pada 11 Agustus 2019.

"Pemeriksaan itu untuk memastikan hewan kurban tersebut layak dikurbankan, sehingga sapi dan kambing harus sehat, kuat dan tidak boleh ada cacatnya," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang drh. Rofi'ah di Lumajang, Rabu.

Menurut dia, petugas sudah melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan antemortem pada beberapa kios penjualan hewan kurban yang tersebar di beberapa lokasi di kawasan kota Kabupaten Lumajang.

"Pemeriksaan itu sangat perlu dilakukan karena tujuannya adalah untuk memastikan secara fisik, dan sekaligus memberikan edukasi serta pemahaman kepada penjual untuk lebih memperhatikan kesehatan hewan kurban sebelum menjualnya kepada konsumen," tuturnya.

Ia menjelaskan pihaknya masih melakukan pemeriksaan fisik saja dan saat pemotongan hewan kurban nanti juga akan dilakukan pemeriksaan postmortem atau bagian dalam, sehingga bisa diketahui kesehatan daging dan organ dalam hewan kurban yang nanti disembelih saat Hari Raya Idul Adha.

"Pemeriksaan antemortem untuk memastikan kesehatan hewan kurban baik sapi maupun kambing meliputi pemeriksaan kesehatan mata, hidung, gigi, telinga, bulu, kaki, dan ekor," katanya.

Petugas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian sudah melakukan pemeriksaan antemortem pada lima kios penjualan hewan kurban di wilayah perkotaan, sehingga yang telah terdata hewan kurban domba sebanyak 217 ekor, sapi sebanyak dua ekor dan kambing sebanyak 10 ekor.

"Kegiatan pemeriksaan antemortem itu serentak dilakukan hingga waktu perayaan Idul Adha 1440 Hijriah di empat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yakni UPT Puskeswan Pasirian, Klakah, Kunir, dan Senduro," ujarnya.

Setiap kali petugas melakukan pemeriksaan, lanjut dia, juga dilakukan penyuluhan kepada penjual hewan kurban, agar memperhatikan kebersihan kandang, menjaga persediaan pakan, serta memberikan obat untuk penanganan bila hewan kurbannya sakit ringan, sehingga tidak merugi nantinya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019