Kabupaten Lamongan yang menjadi salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VI tahun 2019 pada 6-13 Juli 2019 membidik sebanyak 31 medali emas, 31 perak dan 39 perunggu agar bisa masuk posisi lima besar.

Ketua Umum KONI Kabupaten Lamongan Djanadi dikonfirmasi di Lamongan, Senin, mengatakan target itu telah ditetapkan Bupati Lamongan Fadeli karena menjadi tuan rumah.

“Kami bertekad untuk mengembalikan kejayaan Lamongan di ajang Porprov Jawa Timur, sebab sejak gelaran porprov pertama atlet Lamongan mampu mencetak lompatan prestasi, meski kemudian sedikit menurun saat Porprov V di Banyuwangi," katanya.

Sejarah Lamongan, kata dia, pada saat porprov kali pertama berada di posisi 32, kemudian naik menjadi posisi 13 pada edisi kedua, dan posisi sembilan pada porprov ketiga. Selanjutnya pada Porprov Jatim IV menempati posisi ketujuh dan finis di posisi ke-10 saat Porprov V Banyuwangi.

Terkait cabang olahraga yang diikuti, Djanadi mengatakan dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan, Lamongan menyiapkan 304 atlet dan 103 ofisial yang berlaga di 26 cabang olahraga dan mengikuti 196 nomor lomba (pertandingan).

Cabang olahraga yang diikuti antara lain aeromodelling, drum band, gulat, pencak silat, taekwondo, wushu, tarung derajat, karate, dan menembak. Selain itu, ada panahan, atletik, catur, panjat tebing, binaraga dan tenis meja, tenis lapangan, sepak takraw, bulu tangkis, hoki, balap sepeda, pentaque, bola voli, futsal, bola basket, dan sepak bola.

Baca juga: Api Porprov Jatim mulai diarak dari Kayangan Bojonegoro
Baca juga: Kota Kediri targetkan peringkat kedua Porprov Jatim 2019

Bupati Lamongan Fadeli mengatakan bahwa porprov kali ini menjadi istimewa karena Lamongan menjadi salah satu tuan rumah bersama Gresik, Tuban dan Bojonegoro, sekaligus Stadion Surajaya menjadi tempat acara pembukaan.

"Mari sukseskan Porprov Jawa Timur, baik sukses penyelenggaraan maupun sukses prestasi, dan kami siap menggelar acara pembukaan olahraga empat tahunan ini," katanya.

Selain itu, Fadeli menambahkan pihaknya telah menyiapkan konsep wisata untuk para atlet dan ofisial serta transportasi secara gratis, yakni ke Wisata Bahari Lamongan, termasuk 25 destinasi wisata terbaik se-Asia Tenggara dan Eropa.

Baca juga: Pemkab Tulungagung siapkan bonus atlet peraih medali Porprov Jatim
Baca juga: Kota Madiun kirim 171 atlet di Porprov Jatim

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019