Kota Madiun mengirimkan 171 atlet untuk mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VI yang digelar di Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban pada 6-13 Juli 2019.

"Harapan kami, atlet Kota Madiun dapat menjadi kebanggaan bagi pemkot dan masyarakat," ujar Wali Kota Madiun Maidi dalam kegiatan Pelepasan dan Pemberangkatan Kontingen Kota Madiun untuk Porprov VI Jatim/2019 di Wisma Haji Kota Madiun, Senin.

Dalam kegiatan itu, Wali Kota Maidi berpesan kepada para atlet untuk menjaga nama baik Kota Madiun, yakni dengan menampilkan pertandingan yang terbaik, menjunjung tinggi sportivitas, dan menjaga stamina agar lebih optimal dalam bertanding.

Maidi berharap, tahun ini kontingen Kota Madiun bisa memperoleh penghargaan lebih tinggi dari tahun lalu. Syukur-syukur ada cabang olahraga yang atlenya bisa meraih emas.

"Namun, kekompakan dan kejujuran dari para atlet tetaplah yang utama. Dukungan dari ofisial juga penting," kata dia.

Sesuai data, dari 171 atlet Kota Madiun yang akan mengikuti kegiatan tersebut, 105 orang di antaranya adalah atlet putra dan sisanya 66 atlet putri. Mereka akan mengikuti 23 cabang olahraga dan satu cabang olahraga eksebisi.

Selain atlet, dalam momentum Porprov, Wali Kota Maidi juga mengimbau kepada pengurus dan pelatih KONI setempat untuk melakukan evaluasi setelah lomba. Juga mengimbau kepada OPD terkait untuk memperbaiki dan merawat fasilitas olahraga di Kota Madiun agar dapat dimanfaatkaan maksimal untuk memajukan atlet.

"Dengan fasilitas yang bagus dan lengkap, maka para atlet akan lebih mudah berlatih. Sehingga, meningkatkan prestasi mereka," tambahnya.

Baca juga: Pemkab Tulungagung siapkan bonus atlet peraih medali Porprov Jatim
Baca juga: Kota Kediri targetkan peringkat kedua Porprov Jatim 2019

Wali Kota Madiun berharap target untuk lebih baik dari para atlet Kota Madiun dapat teraih demi tercetaknya generasi muda berkualitas.

Porprov Jawa Timur VI akan terselenggara di empat daerah di Jatim, yakni Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro yang menjadi pusatnya. Dalam ajang tersebut, lebih dari 10 ribu atlet akan bertanding dan memperebutkan 525 medali dari 40 cabang olahraga.

Sesuai data, selama pelaksanaan Porprov Jatim, jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan selalu bertambah. Porprov Jatim I/2007 di Surabaya mempertandingkan 10 cabang olahraga. Porprov Jatim II/2009 di Malang Raya melagakan 20 cabang olahraga, Porprov Jatim III/2011 di Kediri melagakan 26 cabang olahraga.

Porprov Jatim IV/2013 di Madiun 30 cabang olahraga dipertandingkan, dan Porprov Jatim V/2015 di Banyuwangi meningkat menjadi 35 cabang olahraga.

Baca juga: Gubernur Khofifah luncurkan logo dan maskot Porprov Jatim VI

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019