Kota Kediri, Jawa Timur, menargetkan bisa mendapatkan peringkat kedua dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2019 yang akan diselenggarakan di Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban pada 6-13 Juli 2019.

"Secara keseluruhan target yang lalu ketiga, sekarang dua. Jadi, mereka (atlet) inginnya satu, mudah-mudahan kami bisa di peringkat dua. Yang membuat bukan saya, tapi dari mereka sendiri," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat pelepasan atlet yang akan berlaga di Porprov 2019 di Balai Kota Kediri, Senin.

Ia mengaku optimistis target itu bisa terealisasi, mengingat atlet di Kediri cukup banyak. Dirinya juga berharap saat pertandingan atlet tetap menjaga sportivitas dan semangat.

"Harapannya bermain sportif dan semangat untuk mencetak atlet. Jadi tidak saling bajak daerah mana tidak, tapi mencetak yang sungguh-sungguh supaya bisa disajikan (bertanding) ke provinsi, lalu ke nasional, bisa membawa nama baik bangsa," ujar dia.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Kediri Heru Marwanto mengatakan kontingen asal Kota Kediri berada di urutan ke-10 dengan jumlah atlet dan ofisial hingga 376 orang.

"Secara kontingen di urutan nomor 10, tapi Pak Wali Kota harapkan bisa peringkat dua. Kami ikut 30 cabang olahraga, ada dua yang baru diikuti yakni petan dan muatai," kata dia.

Ia menambahkan, terdapat beberapa cabang olahraga yang diunggulkan antara lain angkat besi, atletik, wushu, hingga taekwondo. Untuk cabang olahraga lainnya juga tetap ditargetkan mendapatkan piala baik emas, perak dan perunggu.

Dalam Porprov Jatim V yang berlangsung pada 2015 di Banyuwangi, Kota Kediri tercatat mendapatkan 32 medali emas, 37 medali perak dan 45 medali perunggu. Kota Surabaya mendapatkan nomor urut satu, dan selanjutnya Kota Malang.

Dalam acara pelepasan itu, diikuti seluruh atlet yang akan berlaga di Porprov 2019. Wali Kota sempat dialog dengan perwakilan para atlet termasuk menanyakan soal target dan langsung sigap dijawab mereka menargetkan emas.

Wali Kota juga tetap berharap agar para atlet bisa berjuang semaksimal mungkin di pertandingan nantinya.

Baca juga: Gubernur Khofifah luncurkan logo dan maskot Porprov Jatim VI
Baca juga: Banyuwangi siap terjunkan 437 atlet di Porprov Jatim 2019
Baca juga: Pemkab Tulungagung siapkan bonus atlet peraih medali Porprov Jatim

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019