Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya dan The Air Navigation Administration of Timor Leste (ANATL) sepakat menjalin kerja sama di bidang pendidikan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Direktur Poltekbang Surabaya Setiyo dan Presiden Dewan ANATL, E. P Mr. Eng. Romualdo Antonio Soares Da Silva di sela wisuda Wisuda Taruna Non Diploma Basic Training Fasilitas Telekomunikasi Penerbangan Angkatan I dan Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat, di kampus setempat, Kamis.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan Umiyatun Hayati kerja sama dengan ANATL sudah pernah dilakukan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI).

"Kerja sama yang dijalin yakni mereka (ANATL) ) akan mengirim enam orang mahasiswa untuk mengikuti program perkuliahan reguler," katanya.

Hayati menambahkan, sebelumnya Poltekbang telah menerima satu orang mahasiswa. Begitu mahasiswa tersebut lulus dan kembali ke Timor Leste kemampuannya di atas yang lain.

"Target ke depan, kami ingin bisa diperhitungkan oleh internasional. Untuk itu kami memulai kerja sama dengan tetangga kita yakni Timor Leste, Vietnam dan lainnya. Jenisnya ada yang memang diklat seperti diploma," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Dewan ANATL, E. P Mr. Eng. Romualdo Antonio Soares Da Silva menuturkan, dipilihnya Poltekbang karena kualitasnya sudah standar internasional.

"Ke depan akan lihat kebutuhan yang ada dan akan dikirim terus," ujarnya.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019