Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan bersama Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, Jawa Timur, Selasa, melakukan inspeksi mendadak dan uji kelaikan bus penumpang antarkota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Situbondo guna memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik Lebaran 2019.

"Uji kelaikan bus penumpang AKDP ini meliputi pemeriksaan surat-surat kendaraan dan KIR, hingga memeriksa kondisi fisik armada bus, seperti lampu sein, klakson, sistem pengereman dan kopling, serta wiper atau kipas kaca," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo Tulus Priadmadji di sela uji kelaikan bus penumpang di Terminal Bus Situbondo.

Ia menjelaskan pemeriksaan kendaraan bus penumpang ini dalam rangka memastikan kondisi kendaraan telah memenuhi standar demi keamanan dan kenyamanan penumpang bus selama arus mudik Lebaran.

Setelah dilakukan pemeriksaan uji kelaikan, katanya, bagi bus-bus yang memenuhi stabdar dan tidak ditemukan kerusakan pada fisik bus, langsung mendapatkan stiker laik jalan dan ditempel di bagian depan bus oleh petugas Dinas Perhubungan.

"Sejauh ini untuk sementara pemeriksaan kelayakan bus penumpang yang beroperasi di Situbondo, alhamdulillah tidak ditemukan fisik bus yang rusak alias masih layak jalan," ujarnya.

Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Hendrix K Wardhana mengatakan bahwa stiker yang ditempel di bagian depan bus merupakan salah satu tanda bahwa kendaraan tersebut telah dilakukan uji kelaikan kendaraan.

"Kalaupun nanti ditemukan bus penumpang yang tidak ada stiker akan langsung dilakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan oleh petugas," ujarnya.

Dalam pantauan, petugas gabungan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Situbondo memeriksa satu persatu bus penumpang di Terminal Bus Situbondo.

Mulai dari fungsi lampu, lampu sein, kipas kaca dan hingga kondisi kelaikan ban. Termasuk juga kelengkapan dokumen kendaraan dan buku uji KIR.

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019