Objek wisata baru Kampung Kerapu di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bisa menjadi alternatif tempat peristirahatan bagi pemudik yang melintasi jalur pantai utara pada Lebaran 2019.

Di wisata yang baru diluncurkan pada awal 2019 itu telah tersedia tempat parkir di seberang jalan wisata pantai tempat budi daya kerapu menggunakan keramba jaring apung.

Di tempat ini, pemudik yang melintas di Jalur Pantura Situbondo, baik dari arah Banyuwangi maupun Surabaya dapat beristirahat dan menikmati pemandangan pantai dari dermaga dan pegunungan yang ada di seberang jalan.

Wisata baru Kampung Kerapu yang saat ini telah dikelola langsung oleh desa setempat, telah menyiapkan sarana prasarana mulai dari mushala dan juga kuliner kerapu.

"Kampung Kerapu sejak dikelola oleh desa, sudah ada peningkatan jumlah pengunjungnya. Dan kami tentu jelang Lebaran nanti akan mempersiapkan segala sesuatunya, bagaimana pemudik bisa singgah dan beristirahat di Kampung Kerapu sebelum melanjutkan perjalanannya," kata Kepala Desa Kalatakan, Yoyok Hermanto.

Sejak wisata Kampung Kerapu dikelola desa, katanya, diberlakukan tiket masuk Rp5.000 per orang, dan pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dan alam pegunungan dari dermaga yang melingkar di atas air laut.

Objek wisata Kampung Kerapu merupakan wisata baru yang lokasinya juga tidak jauh dari objek Wisata Bahari Pasir Putih di Kecamatan Bungatan.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019