Chamit Nur Cholis, seorang anggota TNI peserta ajang Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 pada Minggu (31/3) kemarin berhasil menjuarai lomba lari sejauh 21 km yang pertama kali digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang berkerja sama dengan Bank Mandiri.

Peraih juara satu Mandiri Banyuwangi Half Marathon yang berdinas di Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 10 Kostrad Pasuruan, ini berhasil menyelesaikan lintasan sejauh 21 km dengan catatan waktu 1 jam 20 menit 19 detik.

Pada lap pertama sepanjang 10.4 km, serdadu ini masih bersama rombongan atau peserta lainnya, namun pada lap kedua yang menempuh jarak 10.7 km, ia berhasil memisahkan diri dengan peserta lainnya.

Selang beberapa detik kemudian, Hadi Firmansyah menyusul finis kedua, pelari asal Malang ini mencatat waktu 1 Jam 20 menit 36 detik.

Di kategori half marathon putri, tercatat Sri Wahyuni memasuki garis finis pertama dengan waktu 1 jam 50 menit 25 detik dan disusul Vonny Tenri Opu di urutan kedua dan Helen Lusiana yang finis ketiga.

"Saya senang, rutenya banyak pemandangan persawahan, jadi bisa mengalihkan rasa capek," kata pemenang 21km putri asal Indorunners Surabaya itu.

Sementara itu, Dirut Bank Mandiri Kartiko Wirjoatmodjo mengemukakan mendukung Banyuwangi menggelar "event sport tourism" karena dapat menarik wisatawan tidak hanya dari destinasi saja, tetapi juga bisa dilakukan dengan menggelar kegiatan olahraga yang menarik seperti maraton.

"Sedang kami prospek, 'event half marathon' ini akan menjadi agenda tahunan di Banyuwangi, sembari kami evaluasi dari pelaksanaan pertama ini, akan kita 'skilled up' dan kita lihat lagi rutenya, nanti akan dilihat lagi rutenya dengan pemandangan yang menarik, selain persawahan Banyuwangi kan punya pantai yang bagus," ujarnya.

Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 yang baru pertama digelar ini diikuti pelari dari berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Gresik, Blitar hingga Semarang.

Sejumlah komunitas lari yang tersebar di berbagai kota di Indonesia juga turut  berpartispasi, para peserta melintasi kawasan perkotaan dan persawahan.

Penyelenggaraan Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 yang untuk pertama kalinya ini, mendapat diapresiasi oleh para peserta, karena mereka cukup puas dengan manajemen yang tepat waktu, tingkat keamanan hingga antusiasnya sambutan penonton. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019