Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Pengurus Cabang Persatuan Catur Selutuh Indonesia (Percasi) Bojonegoro mulai Sabtu (23/2) menggelar pemusatan latihan atlet yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi VI Jawa Timur 2019.

"Puslatkab digelar sampai menjelang pelaksanaan porprov. Sekarang sudah ada 10 atlet catur Bojonegoro yang lolos seleksi untuk mengikuti porprov," kata Ketua Pengcab Percasi Bojonegoro Toni Ade Irawan, di Bojonegoro, Jumat.

Namun, menurut dia, daerahnya membutuhkan dua atlet catur lagi yang akan diterjunkan di Porprov Jatim yang pertandingannya akan digelar di Bojonegoro.

"Kami masih menyeleksi atlet catur untuk memperoleh dua atlet yang diterjunkan di porprov. Kalau jumlah atlet catur yang ada cukup banyak ada kalau sekitar 30 atlet," ucapnya menjelaskan.

Yang jelas, lanjut dia, dalam puslatkab dilakukan dengan mendatangkan pelatih yang profesional, sebagai usaha meningkatkan kemampuan atlet catur daerahnya di ajang porprov.

"Kalau target kita tidak muluk-muluk. Yang penting atlet catur Bojonegoro dalam porprov bisa mempermedali," ucap dia seraya menambahkan sesuai jadwal, pertandingan catur di porprov akan digelar di daerahnya pada 6-13 Juli.

Menurut Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Bojonegoro Saifuddin, daerahnya menurunkan atlet di 23 cabor dari 34 cabor yang dipertandingkan.

Lokasi puslatkab bagi atlet cabor lainnya yang akan diturunkan di porprov belum ditentukan. Tapi, saat ini semua atlet yang dipersiapkan untuk porprov yang akan digelar di Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik, sudah menjalani pemusatan latihan di masing-masing induk cabor.

Ia menyebutkan dalam perhitungannya akan ada sekitar 230 atlet daerahnya yang berlaga dalam porprov, karena dari masing-masing cabor ada 10 atlet yang berlaga.

Sesuai data dari 23 cabor yang diikuti atlet daerahnya di porprov dari 34 cabor yang dipertandingkan untuk pelaksanaannya di Bojonegoro, antara lain, cabor catur, bola voli, yudo, catur, tenis meja, panahan, anggar, dan? pentaque.

Bojonegoro mantargetkan bisa memper20 medali emas, naik dibandingkan porprov sebelumnya (2015) yang hanya memperdelapan medali emas," katanya menegaskan.

Ia menambahkan cabor andalan daerahnya, yang kemungkinan akan mendulang medali,? antara lain, panahan, atletik, angkat besi dan angkat berat.  (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019