Surabaya (Antaranews Jatim) - Sebanyak 50 orang siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Keboan, Ngusikan, Jombang Jawa Timur, melakukan kunjungan ke lokasi persemaian milik Perhutani Mojokerto di petak 16-G Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tapen, Senin.

Guru Pendamping SDN Keboan, Asnikah, mengatakan, kegiatan ini adalah cara mengenalkan cinta alam kepada anak usia dini supaya bisa berinteraksi langsung dengan alam dan ekosistemnya untuk membantu pengembangan intelektual anak dan kemandiriannya.

"Apalagi terjun langsung ke alam akan meningkatkan hubungan sosial dan membantu anak lebih percaya diri, meningkatkan kemampuan pandang dan sudah tentu akan menyehatkan anak," katanya dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Kepala BKPH Tapen atau Asisten Perhutani Dudun Wahyuono saat menerima kunjungan langsung mengajak anak-anak tersebut melakukan praktik membuat persemaian dan cara menanam.

Ia langsung memandu sendiri kegiatan tersebut dibantu Kepala Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Made Judi Sasmita.

Ia berharap, dengan tambahan wawasan tentang teknik dan praktik persemaian dan cara menanam ini bisa meningkatkan kesadaran siswa siswi untuk lebih mencintai lingkungan khususnya hutan.

"Di akhir kegiatan para siswa-siswi melakukan penanaman bibit buah-buahan di sekitar lokasi persemaian," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019