Surabaya (Antaranews Jatim) - Seorang warga Sememi, Kota Surabaya, Rudianto, salah satu saksi mata menceritakan saat pertama kali Jalan Raya Gubeng, Surabaya, atau tepatnya di depan gedung Elizabeth dan Bank BNI mendadak ambles pada Selasa (18/12) malam.
     
"Saya lihat plakat BNI goyang, pohon dan tiang listrik juga bergoyang. Orang-orang pada lari dikira gempa bumi," kata Rudianto kepada wartawan di Surabaya, Rabu dini hari.
     
Pada saat jalan ambles terjadi pada pukul 21.15 WIB, posisi mobil yang dikendarai Rudianto berada di urutan ketiga mobil yang berada di dekat lubang jalan yang ambles itu.  
     
"Orang-orang pada berteriak jangan lari lewat trotoar, karena banyak kabel listrik yang mau putus. Akhirnya orang-orang pada lari ke kanan jalan," katanya.
     
Saat ditanya soal korban, Rudi mengaku tidak tahu pasti. Hanya saja, ia melihat pintu mobil yang ada di depannya sudah terbuka. "Saya kira mereka pada lari menyelamatkan diri," katanya.
     
Tidak hanya para pengendara mobil yang melarikan diri, melainkan juga para pekerja proyek pembangunan di Rumah Sakit Siloam. "Banyak perempuan juga yang lari. Mereka berteriak minta tolong," katanya.
     
Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Surabaya Tri Suwandayono mengatakan hingga kini para petugas gabungan masih melakukan pencairan korban. 
     
"Barangkali ada korban. kalau tidak ada korban, ya tetap jalan ini ditutup," katanya.
     
Menurut dia, hingga saat ini belum diketahui penyebab terjadinya jalan ambles dengan kedalaman sekitar 15-20 meter dan lebar sekitar 25-30 meter itu.
     
"Kami belum tahu apakah ini karena proyek yang ada di sekitar atau tidak. Kami saat ini masih proses pencarian korban," katanya. (*)

Baca juga: Jalan Gubeng Surabaya Ambles Sedalam 8 Meter (Video)
Baca juga: Bantu Evakuasi Jalan Ambles, Pemkot Surabaya Kerahkan "Bronto Skylift" (Video)
Baca juga: Kapolda: Tanah Sekitar Jalan Ambles Masih Bergerak
Baca juga: Petugas Evakuasi Cari Tahu Korban Jiwa Jalan Ambles
Baca juga: Wakil Wali Kota Surabaya Tinjau Lokasi Jalan Ambles (Video)

Video Oleh Abdul Hakim
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018